BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Huawei

Hindari Stres Berkepanjangan dengan Cara-cara Berikut!

Kompas.com - 28/12/2017, 09:58 WIB
Auzi Amazia Domasti

Penulis

KOMPAS.com - Kondisi stres biasanya muncul di kala seseorang sedang memiliki banyak masalah atau ketika aktivitasnya terlalu padat. Beberapa tandanya seperti mood yang memburuk dan kesulitan berkonsentrasi.

Semakin banyak tekanan yang ada, stres bisa semakin parah dan menyebabkan tubuh kewalahan. Akibatnya, tekanan darah tinggi, kesulitan tidur, sakit kepala atau sakit perut.

Stres pun bisa hadir di mana saja. Misalnya, saat Anda sedang bekerja atau ketika Anda dalam perjalanan, di transportasi publik.

Untuk itu, jangan biarkan stres merayapi diri terlalu lama. Bila mengalaminya, istirahat dan beri jeda sejenak untuk diri Anda dari padatnya aktivitas.

Lakukan pula beberapa kegiatan ringan yang menyenangkan agar stres berkurang. Beberapa di antaranya tertera sebagai berikut.

Membaca

Membaca merupakan salah satu strategi yang dapat mengurangi ketegangan diri akibat stres.

Tidak perlu membaca sesuatu yang sifatnya “berat” dan serius, yang penting bacalah buku atau artikel yang menarik dan menyenangkan bagi Anda, misalnya novel.

Melansir dari huffingtonpost.com, Sabtu (10/12/2016), sebuah penelitian dari University of Sussex di Inggris pada 2009 menunjukkan bahwa membaca dapat mengurangi stres sampai 68 persen.

Seorang neuropsychologist yang termasuk menjadi peneliti dalam studi itu, Dr David Lewis, menemukan kalau partisipan yang membaca selama 6 menit, denyut jantungnya melambat dan ketegangan ototnya pun berkurang.

“Tenggelam dalam bacaan dapat melepaskan diri Anda dari kekhawatiran dan tekanan sehari-hari. Kata-kata dari apa yang Anda baca mampu merangsang imajinasi dan kreativitas secara aktif,” ujar Lewis.

Jika tidak sedang membawa buku, zaman sekarang membaca dari ponsel pun tak masalah.

Ilustrasi membaca menggunakan smartphone.Auzi Amazia/KOMPAS.com Ilustrasi membaca menggunakan smartphone.
Anda bisa berlangganan buku elektronik (e-book) atau memilih artikel yang menarik untuk dibaca dari internet. Ponsel dengan layar yang lebih lebar dan panjang, misalnya, dapat mendukung kenyamanan mata saat membaca kalimat-kalimat yang tertera.

Ukuran smartphone pada umumnya 5,5 inci. Namun ada pula Huawei Nova 2i yang bentang layarnya 5,9 inci. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam membaca satu halaman penuh artikel.

Potret obyek menarik

Memotret obyek atau momen yang disuka dapat membuat Anda semakin menikmati pengalaman positif yang tengah dirasakan. Hal itu terbukti dari sebuah studi dalam Journal of Personality and Social Psychology di American Psychological Association (APA).

Studi tersebut melibatkan 2.000 partisipan di lapangan dengan sembilan seri pengalaman sebagai percobaan penelitian.

Salah satu penelitinya, Kristin Diehl dari University of Southern California, mengatakan, orang yang mengambil foto merasa jadi lebih terlibat dengan kegiatan yang dilakukannya.

“Sewaktu melakukan aktivitas tertentu, memotret dapat membuat seseorang semakin terhubung dengan peristiwa yang dialaminya. Contohnya, ketika mengamati obyek atraktif di museum, orang yang memotret obyek ditemukan lebih menikmati kegiatan observasi tersebut dibanding yang tidak memotret,” ujar Diehl dikutip apa.org, Kamis (9/6/2016).

[Baca juga: Apa yang Harus Diperhatikan untuk Bikin Foto Keren dengan Ponsel?]

Untuk itu, memotret dan menyimpan foto menarik dari obyek indah yang Anda lihat atau dari kejadian menyenangkan yang Anda alami bisa membuat perasaan lebih baik.

Foto-foto menjadi memori indah atas peristiwa yang Anda lalui.

Sementara itu, peristiwa menarik dan momen menyenangkan bisa terjadi kapan saja, tetapi belum tentu Anda selalu membawa kamera. Nah, saat-saat inilah kamera ponsel bisa menjadi perangkat praktis yang mampu memotret momen favorit Anda.

Ada bagusnya jika smartphone memiliki kamera ganda sehingga bisa menghasilkan foto dengan efek blur atau depth of field yang alami. Smartphone Huawei Nova 2i, misalnya, mempunyai kamera belakang berukuran 16 MP ditambah dengan kamera pendukung yang berukuran 2 MP.

Memotret suasana senja menggunakan smartphone  Huawei Nova 2i yang memiliki kamera ganda.Auzi Amazia Domasti Memotret suasana senja menggunakan smartphone Huawei Nova 2i yang memiliki kamera ganda.

Kualitas foto pun jadi lebih bagus, dan momen menyenangkan dapat tersimpan dengan jelas.

Selain itu, memotret pun dapat dijadikan sebagai wadah berbagi sudut pandang dan pikiran. Anggap saja, kumpulan foto di folder kamera ponsel bisa menjadi "buku harian" Anda.

Jika Anda ingin menghibur diri dengan foto lucu, ber-selfie dengan filter dan gambar-gambar lucu juga bisa dicoba. Kini pun sudah ada kamera ponsel yang menyediakan efek dan filter kartun menarik, tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Bermain games

Ketika stres, bermain video games ataupun mobile games di smartphone dapat membuat seseorang lebih rileks.

Melansir dari psyhcentral.com, Rabu (31/8/2016), penyebabnya karena games memiliki kisah yang kemudian dapat menghasilkan suatu progres, perasaan sukses, dan kemenangan.

Kemudian, gambar dan aneka grafis dalam permainan memberi stimulus visual dan pendengaran yang positif sehingga meningkatkan keterlibatan pemain game.

Dengan demikian, peningkatan produksi dopamin di otak jadi terangsang, lalu memunculkan kenyamanan dan perasaan dihargai. Untuk itu, emosi tersebut mendistraksi pikiran-pikiran buruk dan rasa khawatir.

Bermain mobile games tentu melibatkan penglihatan dan kelincahan jari-jari tangan di layar. Karenanya, smartphone dengan full view display yang rasio besar layarnya mencapai 18:9 bisa mendukung kenyamanan itu.

Layar smartphone tersebut, termasuk yang dimiliki Huawei Nova 2i, membuat berbagai aktivitas sederhana, mulai dari membaca hingga bermain game, bisa dilakukan dengan lebih leluasa.

Nah, rutinitas-rutinitas yang telah disebutkan di atas sudah terbukti dapat mengurangi stres. Jika tekanan itu sudah mulai terasa, ada baiknya langsung terapkan kegiatan-kegiatan di atas, ya.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com