Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Belanja Online China Jual Gedung Pencakar Langit

Kompas.com - 29/12/2017, 13:07 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com- Sebuah situs belanja online China, Taobao diketahui menjual sebuah benda yang tidak biasa. Benda tersebut adalah gedung pencakar langit. Berdasarkan keterangan yang tertera di Taobao, gedung tersebut terletak di bagian utara provinsi Shanxi dan memiliki tinggi sekitar 156 meter.

Penjualnya tak lain adalah Pengadilan Tinggi Provinsi Shanxi. Menurut kabar yang didapat KompasTekno dari BBC, Jumat (29/12/2017), gedung pencakar langit ini merupakan hasil sitaan bank.

Pembangunan gedung tersebut pertama kali dilakukan pada 2006. Menurut jadwal, pembangunan tersebut akan selesai 2011. Namun pihak pengembang mengalami masalah pendanaan. Alhasil, pengadilan tinggi setempat terpaksa menyita gedung meski pembangunannya belum selesai.
 
Bangunan 39 lantai itu pertama kali diiklankan pada 1 Desember 2017, dan akan berakhir pada 2 Januari 2018 mendatang. Oleh Pengadilan Tinggi Provinsi Shanxi, bangunan tersebut dijual dengan memakai sistem lelang.

Baca juga : Orang Indonesia Gemar Belanja Online Saat Jam Kerja

Sebagai pembuka, penjual memasang harga awal sebesar 553 juta Yuan atau setara dengan Rp 1,1 Triliun dengan raise-bid sebesar 30 juta Yuan (Rp 62 Milyar). Tapi hingga berita ini ditayangkan, belum ada seorang pun yang menawar gedung itu.

Meski begitu, 279 orang telah memasang pengingat. Dengan demikian, mereka dapat menerima pemberitahuan beberapa saat sebelum lelang berakhir. Laman tersebut bisa dicek melalui tautan berikut ini.

Menjual barang yang tidak biasa ternyata bukan kali ini saja terjadi di China. Di awal tahun 2017, dua buah pesawat Boeing 747 juga pernah dilelang di Taobao. Uniknya lagi, dua pesawat tersebut berhasil terjual dengan harga sekitar 320 juta Yuan (Rp 665 miliar).

Selain itu, sebuah bangunan 28 lantai juga pernah dilelang awal November lalu dengan harga 219 juta Yuan (Rp 445 miliar). Sayangnya, tidak ada yang tertarik pada gedung tersebut.

Melelang properti sitaan bank memang sering dilakukan Taobao. Sebab pada laman situs tersebut, dipenuhi pengumuman lelang berbagai macam bangunan hasil sitaan bank,  termasuk pusat perbelanjaan dan hotel.

Menurut Lu Weixing, General Manager Bisnis Lelang Alibaba, lelang online memang banyak dilakukan di China. Alasannya, sistem ini dapat membantu transparasi dalam urusan hukum.
 
Taobao sendiri merupakan sebuah situs jual beli China setara e-Bay, yang berada di bawah naungan raksasa e-commerce China, Alibaba. Itulah sebabnya berbagai macam benda banyak ditemukan melalui situs ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com