Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Store Pertama di Arab Saudi Dibuka 2019

Kompas.com - 30/12/2017, 10:05 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan bakal membuka gerai Apple Store pertamanya di Arab Saudi pada 2019. Keputusan tersebut menyusul penandatanganan kesepakatan yang diperkirakan bakal dilakukan pada Februari 2018 mendatang.

Uniknya, permintaan pembukaan Apple Store itu justru datang dari pihak Arab Saudi, bukan dari Apple. Sebab, menurut informasi yang beredar, Kerajaan Arab Saudi telah mendekati beberapa perusahaan teknologi kelas dunia untuk berinvestasi di negaranya, salah satunya adalah Apple.

Sebelumnya, sejumlah produk Apple memang sudah banyak ditemukan di Arab Saudi. Hanya saja, distribusi produknya masih melalui pihak ketiga, sama seperti di Indonesia. Seiring dengan kesepakatan tersebut, kini produk Apple dapat hadir secara resmi di Arab Saudi.

Arab Saudi Sendiri bisa dibilang merupakan lahan basah bagi penyedia produk dan jasa di bidang teknologi. Pasalnya, 70 persen penduduk Arab berusia di bawah 30 tahun dan akrab dengan media sosial. Ditambah lagi pendapatan perkapita negara tersebut tergolong tinggi sehingga berdampak pada daya beli masyarakat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (30/12/2017), Negeri penghasil minyak ini memang telah membuka diri terhadap investor asing dalam dua tahun terakhir. Pasalnya dalam kurun waktu tersebut, pendapatan pokok yang dulunya berasal dari penjualan minyak tak lagi bisa diandalkan lantaran harganya turun.

Karenanya Perdana Menteri Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman berupaya mendorong Arab Saudi untuk mengembangkan bisnis di bidang teknologi. Selain Apple, Amazon juga dikabarkan tengah didekati Arab Saudi.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com