10 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2017 Halaman 1 - Kompas.com

10 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2017

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 31/12/2017, 19:05 WIB
Kamera Google Pixel 2Google Kamera Google Pixel 2

KOMPAS.com - Sepanjang 2017, para pabrikan smartphone berupaya unjuk gigi menghadirkan kamera berkualitas prima. Kamera ganda alias dual-camera menjadi tren, tak hanya pada perangkat flagship tapi juga yang menyasar kelas menengah ke bawah.

Efek buram alias blur tak lagi menjadi kemewahan kamera profesional semacam DSLR, tetapi bisa pula diperoleh dengan kamera smartphone. Selain itu, tangkapan luas alias wide-angle pun sudah menjadi lazim di kamera smartphone.

Selengkapnya, berikut 10 smartphone yang dinilai memiliki kamera terbaik, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (30/12/2017), dari GSMArena.

1. Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Situs referensi pengujian kualitas gambar perangkat digital, DXOMark, pada Oktober 2017 lalu menobatkan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Adapun pengujiannya mencakup kualitas exposure dan kontras, akurasi warna, noise, zoom, dan bokeh.

Menurut DXOMark, lini Google Pixel 2 mampu menangkap detail gambar dengan baik di area terang maupun gelap, bahkan dalam keadaan kontrasi tinggi seperti di bawah matahari saat tengah hari.

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL mampu membuktikan kebolehannya, padahal smartphone tersebut tidak mengusung kamera ganda sebagaimana pabrikan lainnya.

Rahasianya ada pada teknologi software buatan Google, sekaligus fitur-fitur semacam dual-pixel autofocus dan penstabil goyangan mekanik (OIS) dan elektronik (EIS). Kamera Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga memiliki sensor berukuran lebih kecil 1/2,6 inci dengan resolusi 12 megapiksel yang dipasangkan dengan lensa berbukaan f/1.8.

2. Samsung Galaxy Note 8 dan Galaxy S8

Galaxy Note 8 memiliki fitur layar Infinity Display, namun bagian sisinya tidak melengkung.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Galaxy Note 8 memiliki fitur layar Infinity Display, namun bagian sisinya tidak melengkung.

Samsung Galaxy S8 memiliki kamera yang kompeten untuk mereduksi noise. Dibekali fitur OIS, kamera Galaxy S8 dikatakan mampu merekam video yang bebas dari guncangan.

Sementara itu, Galaxy Note 8 adalah portofolio Samsung pertama yang mengusung dual-camera. Masing-masing berkualitas 12 megapiksel, satu untuk pembidikan wide-angle dan satunya lagi untuk telephoto.

Dengan begitu, pengguna bisa membidik foto portrait dengan efek blur yang menawan. Selain itu, efek blur juga bisa diganti-ganti fokusnya sesuka hati dengan fitur Live Focus.

3. LG V30 dan LG G6

LG V30 PlusReska K. Nistanto/KOMPAS.com LG V30 Plus

LG bisa dibilang sebagai inisiator tren kamera wide-angle, baik untuk lanskap maupun selfie. LG V30 sendiri menghadirkan perspektif wide-angle dengan kualitas selayaknya action camera.

LG V30 adalah smartphone paling andal dari sang pabrikan Korea Selatan sepanjang 2017. Untuk kualitas kamera serupa namun dengan spesifikasi sedikit lebih rendah, ada pilihan lain yang diberikan yakni LG G6. 

4. iPhone X dan iPhone 8 Plus

Tampilan layar ini muncul saat pengguna pertama kali menyalakan iPhone XYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Tampilan layar ini muncul saat pengguna pertama kali menyalakan iPhone X

Apple meningkatkan kualitas kamera pada lini iPhone 8 dan iPhone X secara signifikan. Menggunakan dual-camera yang masing-masing berkualitas 12 megapiksel, iPhone 8 dan iPhone X menghadirkan hasil foto portrait yang tajam dan dalam.

Selain itu, ada fitur-fitur pelengkap yang membuat hasil foto tampak dibidik di studio dengan pencahayaan berkelas.

Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
SumberGSM Arena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM