Tahapan yang Dilalui WhatsApp Sebelum Musnah dari BlackBerry - Kompas.com

Tahapan yang Dilalui WhatsApp Sebelum Musnah dari BlackBerry

Oik Yusuf
Kompas.com - 02/01/2018, 15:12 WIB
Aplikasi WhatsApp di BlackBerry.Ist Aplikasi WhatsApp di BlackBerry.

KOMPAS.com - Bersama dengan berakhirnya 2017, habis pula masa dukungan aplikasi WhatsApp di platform BlackBerry 10 dan BlackBerry OS. Pihak WhatsApp menghentikan support untuk keduanya pada 31 Desember 2017 lalu.

Meski tak lagi mendapat dukungan teknis, para pengguna dua platform mobile lawas dari BlackBerry itu hingga sekarang masih bisa menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan.

Dalam sebuah keterangan tertulis, WhatsApp menerangkan bahwa aplikasinya di platform BlackBerry memang tetap bisa digunakan, tetapi hanya untuk sementara waktu, karena fungsinya secara bertahap akan dipreteli secara bertahap.

Adapun tahapan itu adalah sebagai berikut. Pertama, setelah lewat 31 Desember 2017, WhatsApp di platform BlackBerry akan masuk mode “deprecation”, di mana aplikasi masih berjalan tapi pengguna tidak bisa lagi melakukan registrasi ulang akun.

Baca juga: 31 Desember 2017, WhatsApp Stop Dukungan untuk BlackBerry OS

“Ini berarti apabila Anda menghapus dan memasang ulang (atau memasang WhatsApp di ponsel lain), Anda tidak akan bisa memverifikasi nomor telepon dan menyelesaikan proses setup,” terang WhastApp, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CrackBerry, Selasa (2/1/2018).

Aplikasi WhatsApp di platform BlackBerry masih bisa berfungsi selama masa tenggang (grace period), tapi ini pun hanya berlangsung selama dua minggu setelah tanggal penghentian dukungan (31 Desember 2017).

Setelah masa tenggang habis, aplikasi WhatsApp di platfom BlackBerry akan masuk mode “expired” dan diputus koneksinya dari server WhatsApp, atau dengan kata lain tidak bisa digunakan sama sekali untuk berkirim pesan.

Penghentian support WhatsApp untuk BlackBerry 10 dan BlackBerry OS tidak mempengaruhi perangkat-perangkat Blackberry yang dirilis mulai BlackBerry Priv karena sudah beralih menggunakan Android. Ini termasuk BlackBerry Aurora dan KeyOne yang belakangan dirilis di Indonesia.

Ponsel BlackBerry 10 seperti Passport dan Leap sebenarnya bisa menjalankan aplikasi Android, jadi penggunanya bisa saja memasang aplikasi WhatsApp versi Android (bukan native BlackBerry 10) apabila ingin ngotot bertahan memakai WhatsApp di perangkat lamanya.

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM