Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Desktop dan Mobile

Kompas.com - 02/01/2018, 19:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Google telah menjelma menjadi kamus apa saja untuk mencari hal paling serius hingga paling sepele di search engine raksasa ini. Ketika melakukan pencarian, seringkali muncul riwayat pencarian yang sudah pernah dilakukan, atau saran pencarian yang mirip dengan riwayat pencarian yang pernah dilakukan.

Banyak yang terbantu dengan saran pencarian ini, namun tak jarang merasa terganggu. Google telah menyediakan cara bagi penggunanya yang ingin menghapus jejak pencarian di desktop maupun mobile, dengan mengakses menu 'My Activity' atau 'Aktivitas Saya'.

Menu Aktivitas Saya sebenarnya umum digunakan untuk melacak riwayat pencarian di desktop maupun mobile ketika masuk ke akun Google. Berikut KompasTekno rangkum cara menghapus riwayat pencarian di Google, dilansir dari Gadgets Now, Selasa (2/1/2018).

Desktop

Menghapus riwayat pencarian Google di desktop dapat dilakukan dengan masuk (sign in) ke halaman My Activity di tautan myactivity.google.com.

Halaman My Activity di Google.Google Halaman My Activity di Google.
Kemudian, klik menu 'Delete activity by' yang berada di sisi kiri layar, lalu pilih jangkauan hari yang terdiri dari hari ini (today), pencarian 7 hari terakhir (last 7 days), pencarian 30 hari terakhir (last 30 days), sepanjang waktu (all time) .

Pengguna juga bisa mengatur sendiri jangkauan waktu yang ingin dihapus pencariannya, dengan memilih tanggal melalui kolom bagian bawah.

Setelah memilih waktu, pilih 'All Products', lalu pilih 'Search' untuk hapus situs yang pernah ditelusuri, atau pilih 'Image Search' untuk hapus pencarian gambar yang pernah dilakukan. Terakhir, klik 'Delete' pada kotak pop-up yang muncul.

Baca: Google Hapus 500 Aplikasi yang Laris Diunduh di Play Store

Mobile

Untuk menghapus pencarian Google via mobile, menu 'My Activity' bisa diakses melalui menu 'My Account' (Akun Saya), kemudian gulir ke bawah hingga muncul menu 'My Acitvity'.
Bisa juga mengakses ke situs yang sama seperti di desktop, yakni myactivity.google.com.

halaman Google My Activity di smartphoneIst halaman Google My Activity di smartphone
Kemudian pilih ikon menu (tiga baris horizontal) di bagian kiri atas layar. Pilih menu 'Delete activity by' dan lakukan langkah yang sama seperti halnya menghapus pencarian via desktop.

Di peramban (browser) besutan Google Chrome, menghapus riwayat pencarian bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Cukup klik ikon menu (tiga lingkaran vertikal) yang ada di sisi kanan atas layar. Kemudian pilih menu history (histori), lalu pilih 'hapus data browsing'. Seperti halnya di menu 'My Activity', pilih rentang waktu yang pencrian yang ingin dihapus, kemudian pilih 'hapus data'.

Baca: Foto Kompleks Kantor Baru Google, Berundak seperti Sawah

Selain memberi data berapa banyak pencarian yang dilakukan, menu 'My Activity' juga memberikan rincian statistik berapa banyak aplikasi yang digunakan, dan berapa kali aplikasi tersebut digunakan di perangkat Android.

Data tersebut juga memuat aplikasi apa saja yang pernah dicari pengguna di Google Play Store dan berapa banyak iklan yang muncul di hasil pencarian yang sempat di-klik oleh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com