YouTuber Pengunggah Video Korban Bunuh Diri Absen dari YouTube - Kompas.com

YouTuber Pengunggah Video Korban Bunuh Diri Absen dari YouTube

Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Kompas.com - 06/01/2018, 10:41 WIB
YouTuber asal AS Logan Paul meminta maaf dalam videonya atas vlog kontroversial tentang korban bunuh diri di Jepang.YouTube YouTuber asal AS Logan Paul meminta maaf dalam videonya atas vlog kontroversial tentang korban bunuh diri di Jepang.

KOMPAS.com - Setelah dua kali minta maaf di Twitter dan YouTube, YouTuber kondang asal Amerika Serikat (AS) Logan Paul mengumumkan dirinya akan absen sementara dari YouTube.
Logan mengumumkan sendiri kabar ini melalui akun Twitter pribadinya di @LoganPaul.

"Meluangkan waktu untuk berpikir. Tidak ada vlog untuk sekarang. Sampai jumpa segera", tulis Paul.

Paul sempat meminta maaf setelah mengunggah video blog (vlog) tentang korban bunuh diri di hutan Aokigahara, Jepang yang berjudul "We Found A Dead Body in The Japanese Suicide Forest" pada 31 Desember lalu.

Aksinya yang membuat beberapa lelucon dan tertawa saat mengambil gambar mayat terduga korban bunuh diri di dalam vlog tersebut, dianggap tidak sopan dan melukai hati keluarga korban.

Alhasil, video yang telah ditonton jutaan kali tersebut pun terpaksa dicabut setelah menuai kecaman. Sejak kejadian itu, Paul belum mengunggah konten video bagi 15 juta pengikutnya (subscriber) di kanal YouTube.

Baca: YouTuber Kondang Minta Maaf Setelah Viralkan Korban Bunuh Diri Jepang

Hal tersebut jelas mempengaruhi penurunan jumlah subscriber Paul. Berdasarkan statistik YouTube, di hari kedua setelah penayangan video, subscriber Paul tercatat paling rendah peningkatannya dalam kurun waktu 13 hari terakhir.

Subscriber Paul hanya bertambah 16.135, dibanding rata-rata kenaikan harian 37.980 subscriber.

Meskipun video asli Paul telah dihapus, sayangnya banyak YouTuber yang kemudian mengunggah ulang (reupload) video Paul tersebut, dan sempat menjadi trending di YouTube di seluruh dunia.

Ada beberapa nama YouTuber tenar lainnya seperti Keemstar, PewDiePie, Penguinzo dan Pyrocnical yang beberapa di antaranya membuat konten tentang reaksi atas video Paul dengan menyertakan potongan video asli.

Bahkan hingga sekarang, ketika mengetik kata "Logan Paul" di kolom pencarian YouTube, beberapa judul teratas yang disarankan masih berhubungan dengan video tersebut, seperti "Logan Paul Aokigahara" atau "Logan Paul Found Dead Body".

Belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Paul, kapan ia akan kembali menyapa penggemarnya di YouTube. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Polygon, Sabtu (6/1/2018), YouTube yang sedang gencar melawan video berkonten negatif mengatakan jika video Paul tersebut memang melanggar pedoman YouTube, dan akan mengancam kanal Logan Paul.

Baca: YouTube Berjanji Hapus Video Berkedok Kartun Anak

Sesuai pedoman YouTube, jika dalam tiga bulan ke depan Paul mengunggah konten serupa, maka YouTube tak segan untuk menghapus kanalnya, serta akan didemonetisasi. Iklan-iklan yang terpampang di kanal Paul juga akan dibatasi. Namun hingga saat ini, YouTube belum melakukan pembatasan tersebut.

PenulisWahyunanda Kusuma Pertiwi
EditorReska K. Nistanto
SumberPolygon
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM