Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Resolusi Tahun Baru Zuckerberg untuk 2018?

Kompas.com - 07/01/2018, 16:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Tiap tahun baru, CEO Facebook Mark Zuckerberg membuat tantangan bagi dirinya sendiri, semacam resolusi yang ingin ia capai dalam setahun.

Sebelumnya, Zuck pernah membuat resolusi belajar bahasa Mandarin, lalu ada pula resolusi berkeliling Amerika Serikat. Lantas, apa resolusi orang nomor satu di facebook itu di tahun 2018 ini?

Lewat sebuah posting di akun Facebook pribadinya, Zuckerberg menuliskan bahwa ia ingin "memperbaiki" Facebook, dalam artian menghapus penyalahgunaan, penyebaran berita palsu (hoax) atau kebencian, dan lepas dari campur tangan kepentingan suatu negara.

Menurut Zuckerberg, dunia saat ini sedang dirundung kecemasan dan terpecah belah. Facebook punya pekerjaan yang harus dibereskan untuk melindungi komunitasnya yang berjumlah lebih dari 2 miliar.

"Jika kami berhasil tahun ini, maka kita akan mengakhiri 2018 dengan masa depan yang lebih baik," tulis Zuckerberg, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Minggu (7/1/2017).

Resolusi yang dibuat oleh Zuckerberg berkaitan dengan kondisi yang akhir-akhir ini dihadapi oleh jejaring sosial terbesar di dunia itu. Facebook diduga dijadikan alat untuk menyebarluaskan berita bohong dan menggiring opini publik demi kepentingan penguasa.

Kepada DPR Amerika Serikat (AS), pada akhir 2017 lalu Facebook melaporkan bahwa para penggunanya kemungkinan telah melihat konten yang dibuat dan disebarluaskan oleh mafia Rusia, yang berusaha menggiring opini dalam Pemilu AS 2016.

Bersama dengan Twitter, Facebook juga telah diberi peringatan akan mendapat sanksi jika gagal memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh Parlemen Inggris dalam penyelidikan campur tangan Rusia dalam referendum Uni Eropa.

Untuk membaca resolusi 2018 dari Zuckerberg selengkapnya, silakan buka halaman Facebook miliknya di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com