Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Populasi OS Android pada Akhir 2017?

Kompas.com - 08/01/2018, 10:36 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi Android memang menjadi OS mobile populer, namun berapa pangsa pasarnya hingga akhir 2017 lalu? Firma Net Market Share merilis laporannya.

Berdasarkan laporan Net Market Share yang dirangkum KompasTekno via Windowslatest, Senin (8/10/2018), sistem operasi Android memiliki populasi 68,39 persen dari total keseluruhan OS mobile di dunia. Tak dijelaskan berapa unit tepatnya jumlah 68,39persen itu.

Sedangkan sistem operasi Apple iOS berada persis di bawahnya, dengan populasi sebesar 30,56 persen. 

Sementara populasi ponsel Windows Phone dari Microsoft kini tinggal 0,15 persen, dan berada di urutan ketiga terbesar dunia. Jumlah ini sudah mendekati populasi OS Nokia 40 yang sebesar 0,12 persen, yang berada di urutan empat.

Baca juga : Populasi Android Lampaui Angka 2 Miliar

Di urutan kelima, ada RIM OS dengan populasi sebesar 0,11 persen. Sedangkan OS Linux dan Symbian menempati posisi enam dan tujuh dengan besar pangsa pasar sama, yakni 0,03 persen.

Penurunan popularitas Windows Phone dirasa wajar. Sebab, baru-baru ini Windows menyatakan bahwa mereka tidak akan lagi memproduksi perangkat lunak untuk posel. Alasannya, sejumlah pengembang aplikasi tidak lagi mendukung pengembangan untuk perangkat Windows Phone.

"Kami sudah berusaha sangat keras meminta sejumlah penyedia layanan memutakhirkan aplikasinya untuk Windows Phone. Bahkan kami mengeluarkan uang untuk mereka," ujar Joe Belfiore, Corporate Vice President in the Operating Systems Group Microsoft.

"Sayangnya, jumlah pengguna saat itu masih sangat sedikit sehingga strategi tersebut tidak berhasil," kata Belfiore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com