Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ryzen Generasi Kedua Dirilis AMD April 2018

Kompas.com - 08/01/2018, 12:48 WIB
Bayu Galih

Penulis

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Sudah sekitar setahun Advanced Micro Devices (AMD) meluncurkan Ryzen, baik dalam bentuk central processing unit (CPU) atau accelerated processing unit (APU).

Seperti tak ingin menunggu waktu lama, AMD akan meluncurkan generasi kedua dari prosesor berarsitektur Zen tersebut.

CEO AMD Lisa Su memastikan bahwa Ryzen generasi kedua akan diluncurkan pada April 2018. Arsitektur Zen pada generasi kedua kini berkembang menjadi Zen+.

"Kami akan menggunakan prosesor Zen+ di (proses fabrikasi) 12 nanometer dan teknologi Precision Boost 2," ujar Lisa Su dalam AMD Tech Day pada akhir pekan lalu (6/1/2018) di Las Vegas.

Sedangkan, Senior Vice President and General Manager of the Computing and Graphics AMD, Jim Anderson mengatakan bahwa Ryzen generasi kedua akan tetap berjalan di socket AM4.

AMD memang telah menggunakan plarform itu sejak APU generasi ketujuh. Tradisi penggunaan socket AM4 masih berjalan di CPU Ryzen generasi pertama, APU Ryzen yang memadukan arsitektur Zen dan kartu grafis Radeon Vega, hingga CPU Ryzen generasi kedua.  

"Satu platform untuk digunakan di semua," kata Jim Anderson.

Menurut Jim, strategi ini dilakukan untuk melanjutkan kesuksesan Ryzen generasi pertama yang digunakan sejumlah pabrikan motherboard.

Sepanjang 2017 silam, Jim mengklaim bahwa Ryzen telah terpasang di lebih 120 jenis motherboard keluaran berbagai macam merek, seperti Asus, ASRock, Gigabyte, atau MSI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com