Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Intel Pertama dengan GPU AMD Radeon Dikenalkan

Kompas.com - 08/01/2018, 13:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - November lalu, Intel membuat kejutan dengan menggandeng AMD yang merupakan rival beratnya di industri prosesor. Dua seteru itu sepakat mengawinkan prosesor Core bikinan Intel dengan pengolah grafis (GPU) Radeon besutan AMD.

Kini, pada ajang CES 2018 di Las Vegas, kemitraan tersebut telah menelurkan prosesor Core i5 dan Core i7 generasi ke-8, yang memiliki GPU Radeon RX Vega M. Keduanya kini menjadi chip Intel pertama dengan GPU AMD Radeon.

Total terdapat lima model Core i5 dan Core i7 (dari seri Core H untuk laptop) yang memiliki clockspeed antara 3,8 GHz hingga 4,2 GHz. Mereka adalah Core i7-8809G, Core i7-8709G, Core i7-8706G, Core i7-8705G, dan Core i5-8305G.

Adapun GPU yang dipasangkan adalah Radeon RX Vega M GH (Core i7-8809G dan Core i7-8709G) dan Radeon RX Vega M GL (Core i7-8706G, Core i7-8705G, dan Core i5-8305G), masing-masing dengan 24 dan 20 buah compute units (CU).

Baca: Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Kelima prosesor Core i7 dan Core i5 ini ditujukan untuk laptop berkinerja tinggi, seperti laptop gaming atau workstation. Performa mereka diklaim lebih tkencang dibandingkan sistem Core i7-7700HQ generasi terdahulu yang dibekali pengolah grafis discrete (terpisah dari prosesor utama), Nvidia GeForce GTX 1060.

Daftar lima prosesor Core i7 dan Core i5 pertama dari Intel yang dibekali GPU Radeon RX Vega M.Intel Daftar lima prosesor Core i7 dan Core i5 pertama dari Intel yang dibekali GPU Radeon RX Vega M.

Intel turut menanam memori HBM2 berkapasitas 4 GB, persis di samping chip GPU dalam kemasan kelima prosesor Core i5 dan Core i7. Hal tersebut diklaim bisa menghemat tempat di ruang internal laptop, selain lebih irit daya dibanding penempatan memori secara terpisah.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Senin (8/1/2018), Intel belum mengungkapkan harga dari kelima prosesor Core dengan GPU Radeon itu. Belum diketahui pula rekanan vendor laptop mana saja yang akan membuat produk berbasis chip yang bersangkutan.

Selain laptop, Intel juga berencana menggunakan chip Core i5 dan Core i7 dengan GPU Radeon di produk-produk NUC (Next Unit of Computing), laptop yang berbodi ringkas dan dibanderol mulai 799 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com