Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Siapkan Portal, Gadget untuk Video Chat?

Kompas.com - 10/01/2018, 13:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Facebook telah lama diduga memiliki ambisi untuk melebarkan sayap ke bisnis hardware. Awalnya lewat ponsel yang ternyata tak jadi meluncur. 

Kini, kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa raksasa jejaring sosial itu berniat membuat hardware home device bernama Portal untuk video chat.

Menurut informasi yang berasal dari situs finansial Cheddar, Portal nantinya bakal memfasilitasi video chat antar-pengguna Facebook, khususnya sesama teman dan anggota keluarga.

Portal disebut akan memiliki layar dan lensa wide-angle yang sanggup mengenali wajah pengguna di depannya dan langsung tersambung ke akun Facebook milik pengguna bersangkutan.

Kabarnya pula, Portal akan bisa terhubung ke layanan streaming konten seperti Spotify dan Netflix. Facebook belakangan diketahui meneken perjanjian lisensi dengan Universal Music Group dan Sony/ATV, jadi ada kemungkinan konten dari dua pihak itu bisa disalurkan ke Portal.

Pengguna nantinya disinyalir bisa mengendalikan Portal lewat perintah suara, seperti Amazon Echo Show, Google Home, dan Apple HomePod.

Jejaring sosial Facebook sendiri kini sudah memiliki fasilitas video chat via Messenger di ponsel dan PC. Namun, agaknya Facebook masih belum puas sehingga merasa perlu membuat hardware khusus untuk keperluan tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MobileSyrup, Rabu (10/1/2018), Facebook diprediksi bakal memperkenalkan Portal dalam konferensi tahunan F8 pada Mei mendatang. Sementara pengapalannya akan dimulai pada paruh kedua 2018.

Soal harga, Portal disebut akan berbanderol 499 dollar AS, lebih tinggi dibandingkan Echo Show di harga 230 dollar AS. Namun, ada kemungkinan Facebook akan menurunkan harga tersebut untuk mendorong penjualan.

Baca juga : Eks Boss Facebook: Saya Bersalah Ciptakan Pemecah Belah Masyarakat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com