Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Nokia 1, Ponsel Android Termurah Nokia?

Kompas.com - 11/01/2018, 08:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Android Go adalah platform khusus yang dirancang oleh Google untuk smartphone dengan spesifikasi rendah dan harga murah.

Nokia kabarnya ikut membuat ponsel Android Go dengan nama Nokia 1. Bocoran gambar dari perangkat yang bersangkutan belakangan muncul dan beredar di internet.

Tampak ada dua jenis rancangan dalam bocoran yang memperlihatkan sosok Nokia 1 dari punggung itu. HMD Global selaku pemegang brand Nokia agaknya masih mempertimbangkan desain-desain berbeda untuk Nokia 1.

Soal jenis material, informasi yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (11/1/2018), menyebutkan bahwa Nokia 1 akan dibuat dengan konstruksi frame logam dan bodi polikarbonat.

Nokia 1 kabarnya akan memiliki spesifikasi serupa Nokia 2 dengan layar IPS LCD 720p, RAM 1 GB dan 8 GB. Namun, harganya disebut bakal lebih murah di kisaran 80 euro (Rp 1,3 juta) dibanding Nokia 2 yang 120 Euro.

Bocoran gambar Nokia 1 memperlihatkan dua desain yang agak berbeda.Phone Arena Bocoran gambar Nokia 1 memperlihatkan dua desain yang agak berbeda.

Sebagai perangkat Android Go, Nokia 1 bakal menjalankan versi khusus dari sistem operasi Android 8 Oreo yang dimodifikasi agar lebih ringan.

Tak cuma OS, untuk ponsel Android Go, Google pun turut menyiapkan versi khusus dari sejumlah aplikasinya yang juga lebih ringan dibanding versi “reguler”.

Aplikasi-aplikasi itu antara lain Google Go, Google Maps Go, Gmail Go, YouTube Go, G board, Google Assistant Go, serta Chrome dan Google Play.

Nokia 1 kabarnya akan meluncur pada Maret 2018. Apabila benar ada, ia akan menjadi perangkat Android Go pertama sekaligus smartphone termurah dari Nokia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com