YouTube Akhirnya Keluarkan "Hukuman" untuk YouTuber Logan Paul - Kompas.com

YouTube Akhirnya Keluarkan "Hukuman" untuk YouTuber Logan Paul

Oik Yusuf
Kompas.com - 11/01/2018, 12:44 WIB
YouTuber Logan Paul di YouTbe Space Tokyo YouTuber Logan Paul di YouTbe Space Tokyo

KOMPAS.com - Kasus video kontroversial dari YouTuber Logan Paul berbuntut panjang. Usai berjanji bakal bertindak tegas kepada kreator yang terkenal dengan video prank tersebut, YouTube kini benar-benar memberi “hukuman” pada Logan.

Dia ditendang dari proyek film YouTube Red The Thinning: New World Order. Tadinya New World Order direncanakan sebagai sekuel film terdahulu, The Thinning, yang dirilis pada 2016 dan dibintangi oleh Logan.

Namun dengan dikeluarkannya Logan dari proyek, pengerjaan New World Order pun ditunda sampai waktu yang belum diketahui.

Bukan cuma itu, seorang representatif YouTube juga mengatakan bahwa kanal Logan turut dihapus dari program Google Preferred yang menghubungkan kanal-kanal beken dengan para pengiklan.

“Berkaitan dengan apa yang terjadi belakangan ini, kami memutuskan untuk menghapus kanal Logan Paul dari Google Preferred,” ujar sang representatif, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Polygon, Kamis (11/1/2018).

Logan menuai kecaman dari berbagai pihak usai mengunggah video vlog dari kunjungnnya ke Jepang. Dalam video yang diunggah pada 31 Desember 2017 itu, Logan menunjukkan mayat yang diduga korban bunuh diri di hutan Aokigahara.

Dia juga bercanda usai menemukan mayat sehingga dinilai tidak menghormati korban bunuh diri di Aokigahara yang dikenal sebagai “hutan bunuh diri” tersebut. 

Usai menimbulkan reaksi negatif, video yang bersangkutan kemudian kemudian dihapus sendiri oleh Paul hanya sehari setelah diunggah. Namun video sudah kadung mengumpulkan lebih dari 1 juta view.

Logan lantas membuat video berisi permintaan maaf dan menyatakan akan berhenti membuat vlog untuk sementara. Namun, nasi sudah menjadi bubur. Dalam pernyataan yang dikeluarkan di kemudian waktu, YouTube pun mengatakan bahwa video Logan melanggar guideline komunitas.

Sebelum Logan, YouTube pernah memberi “hukuman” serupa kepada Felix Kjellberg alias PewDiePie yang melontarkan kata-kata rasis dan anti-semit dalam sebuah video yang diunggah pada Februari 2017. (Baca juga : YouTuber Terkaya Dipecat karena Dinilai Anti-Yahudi dan Pro Nazi)

Seperti Logan, Kjellberg pun ditendang dari proyek YouTube Red dan dihapus dari program Goolge Preferred.

Baca juga : Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberPolygon
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM