Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus Resmi Masuk Indonesia

Kompas.com - 17/01/2018, 14:23 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pertama kali pada akhir tahun lalu, duo Samsung Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8+ (2018) akhirnya dirilis di Indonesia pada hari ini, Rabu (17/1/2018). Keduanya ini merupakan smartphone pertama Samsung yang memiliki kamera selfie ganda.

Kamera ganda Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus memadankan sensor berkualitas 16 megapiksel dan 8 megapiksel dengan bukaan F1.9.

"Dual front camera ini memudahkan pengguna, misalnya ingin memilih wide-selfie atau portrait yang menekankan pada efek bokeh," kata Head of Product Management, IT, dan Mobility Business Samsung, Denny Galant, di atas panggung peluncuran, Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Tak cuma itu, kamera selfie Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8+(2018) juga dilengkapi teknologi Tetra-cell yang bisa diandalkan untuk membidik objek pada kondisi minim cahaya. Pada cahaya normal, foto yang dihasilkan bisa lebih detil dan tajam.

Fitur premium "Live Focus" andalan Samsung pun disematkan pada duo Galaxy A teranyar. Fitur itu memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menentukan seberapa bokeh latar foto dibandingkan objek yang difokuskan.

Asisten pintar Bixby menjadi pelengkap fungsi. Pengguna bisa menerjemahkan teks dalam bahasa apa saja ketika bepergian dengan menggunakan kamera. Gedung-gedung atau pemandangan pun bisa difoto lalu diketahui informasi selengkapnua dengan Bixby.

Dari segi desain, Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus tampil beda dibanding Galaxy seri A sebelumnya dengan mengusung layar bezel-less Infinity Display, seperti yang sebelumnya diterapkan di flagship Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Layar Super AMOLED Galaxy A8 berukuran 5,6 inci dengan aspect ratio 18,5:9 dan resolusi 1.080 x 2220 piksel. Sedangkan, layar Galaxy A8 Plus berukuran lebih besar, yakni 6 inci, dengan aspect ratio dan resolusi yang sama.

Untuk jeroan hardware-nya, Galaxy A8 memiliki RAM 4 GB, media penyimpanan 32 GB dengan dukungan micro SD hingga 256 GB, baterai 3.000 mAh, kamera belakang 16 megapiksel (lensa f/1.7) dan OS Android Nougat 7.1.

Galaxy A8+ dibekali RAM 6 GB, media penyimpanan 64 GB dengan dukungan microSD hingga 256 GB, baterai 3.500 mAh, kamera belakang 16 megapiksel (lensa f/1.7), dan OS Android Nougat 7.1.

Kedua ponsel mendukung fitur charging serta sudah anti-air dan anti-debu dengan sertifikasi IP68. Dapur pacu Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) menggunakan chip octa-core dengan CPU dua core 2,2 GHz dan enam core 1,6 GHz.

Dengan spesifikasi demikian, harganya dipatok Rp 6,5 juta untuk Galaxy A8 dan Rp 8 juta untuk Galaxy A8 Plus. Keduanya tersedia mulai tersedia 19 Januari 2018.

Ada ajang khusus digelar di Mall Kota Kasablanka pada 19 hingga 21 Januari 2018. Pengunjung bisa mendapatkan speaker JBL duet secara cuma-cuma, cashback, serta Gear Fit2 Pro untuk sejumlah pengguna terpilih.

Baca juga : Menjajal Ponsel Dual Selfie Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus (2018)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com