Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Punya Fitur Anti-Hoaks Berantai?

Kompas.com - 18/01/2018, 14:23 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com - Sering menerima pesan berantai yang kebenarannya diragukan lewat aplikasi instant messaging WhatsApp? Pesan spam macam itu bisa menyebalkan, apalagi kalau isinya ternyata hoaks alias informasi palsu.

Untuk membatasi peredaran pesan berantai seperti ini, WhatsApp kabarnya sedang menguji sebuah fitur baru. Bentuknya berupa peringatan untuk memberitahukan pengguna apabila sebuah pesan sudah "diteruskan berkali-kali".

Peringatan akan ditampilkan untuk pengirim dan penerima pesan yang bersangkutan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Kamis (18/1/2018).

WhatsApp tidak memberi label soal benar atau tidaknya informasi yang dikandung dalam pesan, atau memblokir penyebarannya.

Bocoran gambar fitur peringatan spam yang kabarnya sedang diuji oleh WhatsApp.wabetainfo.com Bocoran gambar fitur peringatan spam yang kabarnya sedang diuji oleh WhatsApp.

Namun, dengan memberitahukan soal siftatnya yang berantai, paling tidak pengguna bisa berjaga-jaga dan lebih teliti sebelum meneruskannya ke orang lain.

Tak diketahui seberapa luas skala pengujian yang dilakukan WhatsApp terhadap fitur peringatan pesan spam ini. Belum jelas pula apakah fitur tersebut nantinya akan benar-benar diterapkan di aplikasi WhatsApp atau tidak.

Pesan berantai sebenarnya adalah masalah yang telah lama ada. Dulu bentuknya berupa surat, lalu berubah menjadi teks digital di era modern. Belakangan, penyebaran spam yang kerap mengandung hoaks makin merajalela seiring dengan maraknya penggunaan media sosial dan aplikasi pesan instan.

Baca juga : Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Hadir pada 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com