Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Hijau Android Ternyata Punya Nama

Kompas.com - 22/01/2018, 08:27 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber Tech Spot

KOMPAS.COM - Maskot robot hijau dengan dua antena di kepalanya telah lama menjadi maskot OS Android. Meski bentuknya sudah familiar, tidak banyak yang tahu apa sebutan untuk maskot tersebut. Kebanyakan orang hanya mengenalnya sebagai "robot hijau Android".

Ternyata, robot hijau ini punya nama. Dilansir KompasTekno dari TechSpot, Senin (22/1/2018), maskot Android ini diberi nama Bugdroid. Nama Bugdroid diberikan oleh tim Android di Google lantaran para programer harus selalu berhadapan dengan bug atau lubang kelemahan sistem.

Bugdroid sendiri "lahir" pada 5 November 2007. Maskot robot hijau dengan dua antena ini diciptakan oleh seorang anggota tim Marketing Communication Google, Irina Blok.

Irina berkisah bahwa ia hanya butuh waktu 5 menit untuk menciptakan maskot tersebut. Awalnya, wanita ini diberikan tugas oleh tim pengembang untuk menciptakan maskot dalam waktu kurang dari seminggu. Sebab, seminggu kemudian Google akan merilis OS Android secara resmi.

Baca juga : Irina Blok, Wanita di Balik Robot Hijau Android

Inspirasi maskot Android sendiri datang saat ia berada di toilet bandara. Pada umumnya, toilet bandara memiliki ikon sederhana, seperti bangun datar yang menyerupai laki-laki atau perempuan.

Itulah yang dilakukan oleh Irina. Alhasil dalam waktu hanya lima menit, Irina berhasil menciptakan Bugdroid. Meskipun sebetulnya ia tidak memiliki latar belakang sebagai desainer, maskot yang diciptakannya diterima oleh tim Google dan mendunia hingga saat ini.

Sebelumnya, maskot Android sempat dibuat oleh salah satu karyawan Google, Dan Morril. Maskot Android yang diciptakan Morril menyerupai robot yang sedang mabuk. Keempat maskot tidak resmi ini dibuat dalam warna, merah, kuning, hijau, dan biru. Oleh Morril, keempat maskot ciptaannya dinamakan Dandroid.

Sayangnya saat mendekati waktu peluncuran, Morril tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain ulang ikon atau maskot tersebut. Pasalnya, ia harus merampungkan sejumlah bahasa pemrograman. Alhasil, tugas tersebut dialihkan pada Irina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Spot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com