Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digigit, Baterai iPhone Meletus Bak Petasan

Kompas.com - 23/01/2018, 08:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Seorang pria di China punya metode sendiri untuk menguji kualitas baterai, yakni dengan cara digigit. Ceritanya, pekan lalu dia ingin membeli iPhone bekas di sebuah mall di Negeri Tirai Bambu.

Mungkin lantaran ragu soal keaslian baterai di dalam ponsel, dia memasukkan komponen penyimpan daya itu ke dalam mulutnya, lantas mengatupkan gigi.

Padahal, baterai lithium ion yang dipakai di smartphone sama sekali tak boleh ditusuk dengan benda tajam, karena bisa menyebabkan hubungan pendek, apalagi digigit.

Baterai pun meledak, untungnya ledakan terjadi sesaat setelah dikeluarkan dari mulut sang pria yang namanya tidak diketahui tersebut. Dia pun selamat dari cedera yang boleh jadi bisa berakibat fatal apabila lebih awal hanya sedetik saja.

Potongan video yang memperlihatkan baterai iPhone di China meledak setelah digigit oleh seorang pria. www.miaopai.com Potongan video yang memperlihatkan baterai iPhone di China meledak setelah digigit oleh seorang pria.

Kejadian di atas terekam dalam sebuah video singkat dari kamera pengawas. Di dalamnya tampak sang pria sedang memeriksa iPhone yang hendak dibelinya di sebuah counter toko ponsel.

Dia lalu terlihat jelas memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Hanya sesaat setelah dikeluarkan dari mulut, baterai mendadak meletus macam petasan, mengeluarkan bola api dan asap.

Orang-orang yang ada di sekitar pun kaget. Beruntunglah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (23/1/2018), metode uji baterai unik dari pria tersebut dilaporkan tak menimbulkan korban luka.

Moral dari cerita ini, janganlah sekali-kali menusuk baterai lithium dengan benda apa pun, termasuk gigi. Hal ini dapat menyebabkan kontak antara kutub negatif dan positif dalam konstruksi baterai, sehingga berakibat korslet.

Reaksi baterai lithium yang mengalami kerusakan bisa sangat cepat dan spontan seperti dalam kasus sang pria China di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com