Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Akhir 2017, iPhone 8 Lebih Laku dari iPhone X

Kompas.com - 24/01/2018, 17:48 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com- iPhone X menjadi produk Apple yang paling banyak dibicarakan tahun lalu. Selain desainnya yang tidak dilengkapi tombol home, fitur pemindai wajah 3D yang sulit dibobol, Face ID menjadikan ponsel ini semakin menarik.

Tidak hanya sampai di situ. iPhone X bahkan digadang-gadangkan sebagai ponsel terbaik yang pernah diciptakan oleh Apple, melebihi iPhone 8 yang dirilis beberapa bulan sebelumnya.

Meski begitu, siapa sangka jika iPhone X masih kalah populer dengan iPhone 8. Terutama dari segi penjualan.

Berdasarkan laporan dari sebuah firma riset, Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), iPhone X hanya berkontribusi sebanyak 20 persen dari penjualan keseluruhan iPhone pada kuartal terakhir 2017. Sedangkan iPhone 8 secara kumulatif menyumbang 41 persen pejualan di kuartal yang sama.  

Baca juga: iPhone X Berhenti Diproduksi Pertengahan 2018?  

Angka tersebut sebenarnya dirasa wajar. Sebab, iPhone 8 dirilis lebih awal dibandingkan iPhone X. iPhone 8 dirilis pada akhir September 2017. Sedangkan iPhone X baru mendapatkan jatah rilis awal November 2017.

Faktor lain, jumlah distribusi iPhone X ke seluruh dunia dilakukan secara terbatas dibandingkan iPhone 8. Meskipun pada akhirnya iPhone X berhasil dikirim ke hampir semua distributor Apple di seluruh dunia, ketersediaannya sempat tersendat, sehingga berimbas pada penjualan.

Jika ditarik data secara keseluruhan, dikutip KompasTekno dari BGR, Rabu (24/1/2018), kontribusi penjualan kedua ponsel ini masih kalah dengan penjualan ponsel andalan Apple pada 2016, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Pada kuartal akhir 2016 lalu, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus menyumbang kontribusi penjualan hingga 72 persen. Sedangkan pada akhir 2017, gabungan iPhone 8 dan iPhone X hanya menyumbang kontribusi sebesar 61 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com