Browser Opera Punya Pelindung Malware Penambang Bitcoin - Kompas.com

Browser Opera Punya Pelindung Malware Penambang Bitcoin

Kompas.com - 24/01/2018, 18:41 WIB
Logo Opera browser.Ist Logo Opera browser.

KOMPAS.com - Melonjaknya nilai mata uang digital bitcoin berdampak pada maraknya malware penambang mata uang kripto tersebut di sejumlah perangkat. Biasanya, malware tersebut menginfeksi perangkat yang digunakan melalui browser internet.

Malware akan masuk ke situs, dan ketika situs itu diakses browser komputer, maka resource (CPU, GPU, RAM) komputer pengakses situs akan digunakan untuk menambang bitcoin, sehingga kinerja komputer jadi lambat.

Celakanya, sejumlah antivirus tidak mampu membendung celah ini. Alasannya, virus dan malware tersebut tergolong baru, sehingga butuh waktu untuk mengatasinya. Alhasil, perangkat terinfeksi akan cepat rusak, lantaran dipaksa untuk bekerja menambang bitcoin.

Menyadari masalah tersebut, Opera menghadirkan solusi perlindungan terhadap malware penambang bitcoin pada browsernya. Perlindungan ini tidak hanya berlaku pada perangkat desktop, tapi juga perangkat lain seperti mobile browser dan aplikasi Opera di smartphone.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menghidupkan fitur ad-blocker yang terdapat pada peramban Opera terlebih dulu, melalui menu pengaturan.  

Baca juga: Begini Cara Pasang VPN di Browser Opera

Adanya fitur perlindungan anti-malware penambang bitcoin pada browser Opera tentunya membuat penggunanya merasa sedikit lebih aman. Sebab, tanda-tanda perangkat yang terinfeksi malware penambang mata uang kripto ini sulit dideteksi.

Tanda-tanda hanya akan muncul ketika infeksi perangkat sudah parah. Jika dibiarkan, kerusakan perangkat menjadi bahaya yang paling mengancam pengguna.

"Ketika Anda menjelajahi web, tidak ada petunjuk visual yang menandakan bahwa perangkat Anda sedang dibajak untuk melakukan kegiatan penambangan cryptocurrency,” kata Jan Standal, VP Product Marketing Opera dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno Rabu, (24/1/2018).

Berdasarkan sejumlah laporan, saat ini ada lebih dari 3 juta situs web yang rawan terhadap malware penambang bitcoin. Alhasil, kebutuhan untuk perlindungan ekstra menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Dengan memblokir scripts penambangan, Opera memastikan perangkat bisa bekerja dengan sempurna, sekaligus meminimalisir kerusakan perangkat lantaran dipaksa bekerja keras.  

Untuk memeriksa apakan mesin peramban yang digunakan saat ini sudah terinfeksi oleh malware penambang bitcoin, Anda dapat mengklik tautan berikut.


EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X