Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Tanggal Peluncuran Galaxy S9

Kompas.com - 25/01/2018, 12:48 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung menyebar undangan untuk peluncuran flagship teranyar yang sudah ditunggu-tunggu, Galaxy S9. Lini tersebut dijadwalkan rilis pada 25 Februari 2018, bertepatan dengan ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.

Samsung menjadwalkan acara mulai pukul 18.00 waktu setempat atau 00.00 dinihari keesokan harinya di Indonesia. Anda bisa menonton siaran langsungnya dari situs resmi sang pabrikan Korea Selatan (www.samsung.com).

Pada poster undangan itu, Samsung tak banyak membagi informasi soal Galaxy S9. Hanya ada embel-embel “The Camera. Reimagined” yang mengindikasikan inovasi baru pada elemen kamera.

Jika sebelumnya sudah memperkenalkan teknologi dual-pixel dan dual-camera, lantas inovasi kamera apa berikutnya? Meski belum ada yang bisa memastikan, selentingan kabar menyebut kamera Galaxy S9 bakal spesial dari sisi bukaan lensa alias aperture.

Baca juga : Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Sudah Penuhi TKDN di Indonesia

Pengguna bisa menyetel aperture untuk tingkat cahaya yang berbeda, seperti ketika menjajal kamera profesional, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (25/1/2018), dari ArsTechnica.

Teknologi ini sebenarnya sudah diperkenalkan Samsung melalui ponsel lipat W2018. Dalam kondisi cahaya ideal, lensa kamera W2018 bisa disetel untuk bukaan f/2.4, sementara untuk kondisi minim cahaya, bisa terbantu dengan beralih ke bukaan f/1.5 yang lebh lebar.

Konsep ini berbeda dari dual-camera yang biasanya memiliki dua kamera dengan bukaan lensa berbeda. Di konsep ini, satu kamera bisa digonta-ganti bukaan lensanya.

Jika kemampuan aperture itu benar diimplementasikan kembali pada Galaxy S9, tentu ada modifikasi baru yang membuatnya tetap “segar”. Samsung masih enggan berkomentar soal ini.

Selain kamera, agaknya Galaxy S9 tak banyak berubah dari segi desain. Tentu saja ada peningkatan spesifikasi, salah satunya dari sisi “jeroan” yang digadang-gadang bakal memakain prosesor Snapdragon 845.

Berbagai rumor ini belum bisa dipercaya 100 persen. Kita tunggu saja akhir Februari nanti. Kompas.com akan menghadiri acara peluncuran Galaxy S9 ini langsung dari Barcelona, Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com