Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Segera Bikin Pesaing WhatsApp Business

Kompas.com - 26/01/2018, 08:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp telah merilis WhatsApp Business untuk mempermudah komunikasi antara pebisnis dan konsumen. Langkah ini bakal diikuti pula oleh Apple yang dikabarkan mempersiapkan Business Chat dalam iMessege.

Fitur Business Chat tersedia dalam format beta di pembaruan sistem iOS 11.3, yang akan rilis musim semi mendatang atau sekitar Maret 2018.

"Dengan Business Chat, berkomunikasi dengan perwakilan pebisnis bisa lebih mudah, membuat janji, atau melakukan pembelian melalui Apple Pay di aplikasi iMessege", ujar Apple.

Sebenarnya, Business Chat sudah diumumkan setahun lalu dalam Apple Worlwide Developer Conference. Apple diketahui telah menggandeng beberapa perusahaan seperti Discover, Hilton, Lowe's and Wells Fargo.

Business Chat mengklaim tidak akan membagikan informasi pengguna kepada para pebisnis dan mempersilahkan mereka jika hendak berhenti chatting kapan pun.

Komuikasi bisnis melalui layanan pesan instan menjadi tren saat ini. Beberapa platform sudah lebih dulu meluncurkan layanan chatting untuk pebisnis dan konsumen, seperti Facebook Messenger, Line, Google My Business, dan yang paling baru adalah WhatsApp Business.

Baca: Resmi, WhatsApp Business Sudah Bisa Diunduh dan Dipakai di Indonesia

Bagi kebanyakan konsumen, lebih sudi untuk chatting daripada harus menghubungi customer service lewat telepon.

Berdasarkan hasil studi Facebook yang dilakukan Nielsen menunjukan bahwa 56 persen konsumen lebih cenderung menggunakan pesan instan berupa teks dibanding telepon. Sementara 67 persen lainnya berharap bisa melakukan chatting untuk bisnis.

Businees Chat bukan tanpa tantangan, menilik Facebook sendiri saat ini telah memiliki 1,3 miliar pengguna Facebook Messenger yang menghubungkan ke halaman Facebook utama. Pebisnis memiliki peluang lebih besar untuk mempromosikan bisnis mereka melalui Facebook Page atau iklan di Facebook.

Baca juga: Pengguna Facebook Messenger Tembus 1,2 Miliar

Hasil gemilang pun ditorehkan WhatsApp Business yang baru berumur beberapa minggu. Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (26/1/2018) jumlah pengguna WhatsApp Business sudah setara dengan Facebook Messenger, yakni 1,3 miliar. Layanan ini memikat pebisnis dari negara-negara berkembang seperti Indonesia dan India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com