Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Kata yang Hanya Dimengerti oleh Karyawan Google

Kompas.com - 26/01/2018, 20:12 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan memiliki kosa kata atau kata unik untuk menggambarkan beberapa hal. Tujuannya mungkin beragam. Mulai dari menciptakan ciri khas sendiri, menciptakan suasana agar tidak terlalu formal, hingga mempersingkat pengucapan.

Hal tersebut juga diterapkan pada Google. Perusahaan yang besar dengan mesin pencarinya itu memiliki kosa kata rahasia yang hanya bisa dipahami oleh mereka yang bekerja di lingkungan Google.

Kali ini, KompasTekno akan mengulas 19 kosa kata rahasia yang sering digunakan oleh karyawan Google beserta artinya, seperti dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Jumat (26/1/2018). Apa saja? berikut daftarnya.

1. Plex

Di Indonesia, kata "Plex" mungkin sering diasosiasikan oleh bioskop sperti "cineplex". Namun bagi karyawan Google, kata ini memiliki arti lain.

Plex merupakan sebutan untuk kantor pusat Google, Googleplex yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat. Karena terlalu panjang, karyawan Google kemudian menyingkatnya menjadi Plex.

Baca juga : Melihat Kerennya Kantor Google Indonesia

2. GBike

Sekilas namanya  mungkin hampir mirip dengan salah satu layanan perusahaan ridesharing asal Malaysia, Grab Bike. Namun, GBike yang dikenal oleh karyawan Google adalah sepeda aneka warna yang tersedia di area perusahaan tersebut.

GBike menjadi moda transportasi resmi yang disediakan oleh Google seluruh dunia untuk berpindah gedung. Mereka dapat digunakan secara gratis selama penggunaan masih dalam kompleks kantor Google. Gbike tidak diperbolehkan dipakai ketika berada di luar kompleks.

Baca juga : Google Rekrut Pegawai Khusus untuk Cari Sepeda Hilang

3. Stan

Stan, yang dikenal oleh karyawan Google, bukanlah gerai seperti yang diketahui banyak orang. Stan merupakan sebuah patung yang berbentuk kerangka T-Rex yang terletak di salah satu sudut markas Google.

Lantas, mengapa ada patung kerangka dinosaurus di sana? Ternyata, patung tersebut sengaja diletakkan untuk mengingatkan perusahaan agar tidak seperti dinosaurus. Pernah eksis zaman dahulu, tapi sekarang hanya tinggal fosil.

Kerangka T-Rex di kantor pusat Google di kawasan Silicon Valley, Amerika Serikat.Dug Song/Flickr Kerangka T-Rex di kantor pusat Google di kawasan Silicon Valley, Amerika Serikat.

4. Noogler

Karyawan Google biasa disebut Googlers. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk karyawan yang baru bergabung.

Di Google, sang "anak baru" disebut dengan Noogler. Tidak hanya sampai di situ, para Noogler ini biasanya mudah untuk dikenal. Sebab selama masa orientasi mereka mengenakan sebuah topi warna-warni yang dilengkapi dengan baling-baling sebagai penanda.

5. TGIF

Idiom dikenal sebagai singkatan "Thanks God Its Friday". Biasanya ini merupakan ungkapan gembira menjelang akhir pekan.

Namun di Google, istilah TGIF dikenal untuk menyebut rapat rutin yang digelar di seluruh kantor Google di seluruh dunia pada hari Kamis.

Rapat ini diikuti oleh seluruh karyawan Google tanpa kecuali. Termasuk para Noogler yang baru menerima topi mereka.

6. Googlegeist

Meskipun sebutannya hampir mirip dengan poltergeist, kata slang ini sama sekali tidak berkaitan dengan kegiatan supranatural. Kata ini digunakan untuk kegiatan tahunan yang dilakukan oleh karyawan Google dalam menilai atasan mereka atau suasana kantor.

Biasanya, karyawan perusahaan lain malas mengisi survei jenis ini. Namun di Google, sekitar 90 persen karyawan berkontribusi mengisi survei ini setiap tahunnya.

7. GUTS

Beberapa orang mungkin mengernyitkan kening ketika pertama kali mendengar kata ini. Namun di Google, kata ini adalah sebuah istilah yang lazim ditemui.

GUTS adalah akronim dari Google Universal Ticketing Systems. Sistem ini menampung formulir yang diajukan karyawan Google yang berisi permasalahan yang bisa dilacak perusahaan. Kasarannya Guts serupa dengan sistem internal 911 ala Google.

8. Gayglers

Google dikenal sebagai perusahaan yang dihuni oleh beragam jenis manusia. Termasuk kaum marjinal seperti gay dan lesbian. Mereka juga memberi dukungan terhadap kaum LGBT.

Google memiliki komunitas yang beranggotakan karyawan gay/lesbian maupun pendukung LGBT. Mereka dimakan Gayglers.

9. Greyglers

Selain Gayglers, Google juga punya sebutan untuk karyawan berusia di atas 40 tahun. Mereka disebut Greyglers.

Kata ini diambil dari warna abu abu (grey) yang selama ini identik dengan warna rambut orang berusia lanjut.

10. Xoogler

Karyawan Google yang meninggalkan perusahaan karena berbagai sebab dijuluki Xoogler (dibaca Zoogler). Xoogler adalah singkatan dari eks-Googler.

Seperti Google, Xoogler juga memiliki situs web sendiri, yakni xoogler.co sebagai wadah berkumpulnya alumni Google.

Baca juga: Beginilah Cara Google Bikin Karyawan Betah

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com