Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Link Live Streaming "Super Blue Blood Moon" BMKG dan NASA

Kompas.com - 31/01/2018, 17:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber NASA

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi, kejadian langka "super blue blood moon" akan segera terjadi di langit. Peristiwa yang baru akan terulang lagi dalam 100 tahun mendatang ini merupakan kombinasi tiga fenomena, yakni supermoon, blue moon, dan gerhana bulan sekaligus.

Fenomena alam "super blue blood moon" yang akan mulai tampak di langit Indonesia sekitar pukul 17.49 WIB  nanti tentunya menarik untuk disaksikan secara langsung.

Baca juga : Super Blue Blood Moon di Langit Indonesia, Catat Waktu dan Tempatnya

Namun, untuk yang tidak sempat atau kebetulan pandangannya terhalang (misalnya karena langit berawan) fenomena tersebut juga bisa dilihat melalui tayangan live streaming yang disiarkan oleh lembaga antariksa Amerika Serikat NASA.

Live streaming NASA bisa disaksikan di situs NASA TV di tautan berikut. Di kolom teratas pilih "Public", lalu ganti keterangan zona waktu di kolom "TV Schedule" menjadi GMT+7 untuk menyesuaikan jadwal dengan waktu Indonesia bagian barat.

Kapan super blue blood moon pada Rabu (31/1/2018) terlihat?Dok Bosscha Kapan super blue blood moon pada Rabu (31/1/2018) terlihat?
Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Rabu (31/1/2018), tayangan langsung NASA akan dimulai sekitar pukul 17.30 WIB dan juga bisa disaksikan di situs NASA Live dan akun YouTube NASA TV.

Lembaga antariksa tersebut bakal menyajikan pemandangan super blue blood moon dari pusat-pusat pengamatannya di beberapa lokasi di Amerika Serikat, termasuk Armstrong Flight Research Center di California, Griffith Observatory di Los Angeles, dan Mt. Lemmon SkyCenter Observatory di Universitas Arizona.

Bagaimana dengan super blue blood moon di Indonesia? Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga akan menayangkan tayangan langsung fenomena alam itu dari sejumlah daerah di Indonesia. Di antaranya adalah area Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta dan Pantai Anyer, Banten. Anda bisa memilih lokasinya dari pilihan menu drop-down di sebelah kanan. (Baca juga : Ini 23 Lokasi Pengamatan Super Blue Blood Moon di Indonesia)

Live streaming BMKG dapat disimak di tautan berikut. Untuk jadwal penampakan super blue blood moon di berbagai wilayah di Indonesia, silakan klik link ini.

Baca juga : Tips Memotret Super Blue Blood Moon dengan Smartphone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NASA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com