Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Jumlah Pengguna Harian Facebook Turun

Kompas.com - 01/02/2018, 15:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Seiring waktu berjalan, jumlah pengguna aktif harian Facebook biasanya selalu mengalami kenaikan. Namun, dalam laporan keuangan kuartal IV-2017, untuk pertama kalinya terjadi penurunan. Hal ini khusus terjadi di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Kanada yang menjadi pasar penting.

Jumlah pengguna aktif harian (daily active users/DAU) jejaring sosial tersebut di AS dan Kanada berada di angka 184 juta untuk kuartal IV-2017. Sedangkan, pada kuartal sebelumnya, dua negara tersebut masih memiliki 185 juta DAU.

Penurunan tersebut tampak kontras dibandingkan kuartal-kuartal terdahulu yang selalu menunjukkan peningkatan jumlah DAU. Tak jelas apa yang mengakibatkan turunnya angka DAU Facebook di AS dan Kanada.

Grafik pengguna aktif harian Facebook menunjukkan penurunan di kuartal 4 2017.Facebook Grafik pengguna aktif harian Facebook menunjukkan penurunan di kuartal 4 2017.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Recode, Kamis (1/2/2018), beberapa tahun belakangan Facebook memang ramai didera isu maraknya peredaran berita palsu, khususnya terkait kampanye presiden AS dan intervensi Rusia lewat jejaring sosial.

CEO Mark Zuckerberg sendiri berujar bahwa pihaknya berusaha membuat pengguna agar tak terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook. Caranya, menurut Zuckerberg, antara lain adalah dengan mengubah algoritma news feed agar menampilkan lebih sedikit video viral.

Wilayah AS dan Kanada menyumbang pendapatan per pengguna (ARPU) terbesar untuk Facebook, mencapai kisaran 26,76 dollar AS atau naik 35 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.


Perubahan arah yang dilakukan oleh Facebook diperkirakan bakal menurunkan angka pendapatan. Sebagian besar penghasilan Facebook berasal dari iklan. Sementara, jumlah penayangan iklan berbanding lurus dengan waktu yang dihabiskan pengguna di jejaring sosial tersebut.

Di luar AS dan Kanada, jumlah pengguna Facebook secara keseluruhan tercatat kembali mengalami kenaikan pada kuartal IV-2017. Facebook kini memiliki DAU sebanyak 1,4 miliar di seluruh dunia, meningkat 2,18 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com