WhatsApp Sudah Lampaui Messenger dan Instagram - Kompas.com

WhatsApp Sudah Lampaui Messenger dan Instagram

Kompas.com - 02/02/2018, 13:10 WIB
Ilustrasi WhatsAppIst Ilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com — Jumlah pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp terus merangkak naik. Angka terbaru yang dibeberkan Facebook dalam laporan keuangan kuartal IV-2017 menunjukkan, pengguna aktif bulanan WhatsApp sudah mencapai 1,5 miliar dengan 60 miliar pesan yang terkirim setiap hari.

Pada Juli 2017, jumlah pengguna aktif bulanan WhatsApp diketahui masih berada di sekitar angka 1,3 miliar dengan 1 miliar pengguna aktif harian. (Baca: Pengguna Aktif Bulanan WhatsApp Tembus 1,5 Miliar )

Dengan angka seperti itu, WhatsApp kini menjadi properti Facebook dengan jumlah pengguna terbesar kedua setelah jejaring sosial Facebook sendiri. Setelahnya menyusul Messenger yang kini memiliki 1,3 miliar pengguna aktif bulanan.

Lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dar Re/code, Jumat (2/2/2018), ada Instagram yang jumlah pengguna aktif bulanannya sudah mencapai 800 juta dengan 500 juta pengguna aktif harian.  

Facebook selaku empunya Messenger, Instagram, dan WhatsApp turut mengalami peningkatan. Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook mencapai 2,13 miliar meski ada sedikit penurunan pengguna aktif harian di wilayan Amerika Serikat dan Kanada.

Baca juga: Pertama Kali, Jumlah Pengguna Harian Facebook Turun

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengklaim bahwa Instagram dan WhatsApp kini menjadi platform story-sharing terpopuler pertama dan kedua secara berurutan. Sebanyak 300 juta orang aktif menggunakan Stories di Instagram tiap hari.

Sebagai perbandingan, Snapchat, yang konsep Stories besutannya (foto atau video pendek yang ditayangkan selama sehari sebelum terhapus otomatis) dicontek Facebook, hanya memiliki 178 juta pengguna aktif harian.

Zuckerberg juga mengatakan bahwa format Stories bakal menjadi cara sharing yang paling populer di media sosial dan melewati posting biasa di linimasa.

Baca juga: Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?


PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
SumberRecode
Komentar
Close Ads X