Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notifikasi WhatsApp Bakal Bisa Diatur Berdasarkan Prioritas?

Kompas.com - 04/02/2018, 17:21 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Sistem operasi Android 8.0 Oreo memiliki fitur notification channels di mana pengguna bisa mengelompokkan dan mengatur cara ponsel memberi alert notifikasi berdasarkan prioritas, misalnya apakah akan disertai bunyi, getaran, atau tidak.

WhatsApp agaknya sedang menyiapkan pembaruan aplikasinya agar mendukung notification channels di Android Oreo. Hal ini diketahui dari segelintir pengguna perangkat berbasis Oreo yang menjalankan aplikasi WhatsApp beta mulai versi 2.18.18.

Menurut laporan yang beredar, dalam versi beta tersebut, WhatsApp menampilkan 10 kanal notifikasi, yakni group notification, message notification, chat history backup, critical app alert, failure notifications, media playback, sending media, silent notifications, other notifications, dan uncategorized.

Masing-masing kanal tersebut memiliki setting yang bisa diatur secara individual berdasarkan jenis notifikasi yang bersangkutan. Pengguna bisa mengatur prioritas pemberitahuan dari notifikasi yang tersedia.

Misalnya, apabila tidak ingin mendapatkan pemberitahuan dari obrolan grup atau chat backup, notifikasi tersebut dapat dibuat agar tak membuat ponsel berbunyi atau bergetar. Bisa juga dimatikan (disable) sama sekali sehingga tak muncul di tray notifikasi.

Tampilan setting 10 kanal notifikasi di WhatsApp versi beta. Android Police Tampilan setting 10 kanal notifikasi di WhatsApp versi beta.

Dengan begini, sesuai tujuan fungsi notification channels di Android Oreo, pengguna WhatsApp pun tidak akan terganggu oleh notifikasi yang tidak penting dan bisa fokus pada pemberitahuan yang diinginkan saja.

Berdasarkan informasi yang dikutip KompasTekno dari Gadgets Now Jumat (2/2/2018), fitur 10 kanal notifikasi WhatsApp masih berstatus “beta” dan baru bisa diakses oleh sebagian pengguna perangkat Android Oreo saja.

Namun, tak menutup kemungkinan fitur yang bisa dipakai mengatur alert notifikasi berdasarkan jenis dan prioritasnya ini bakal segera muncul dalam update WhatsApp versi final nanti.

Di samping itu, WhatsApp juga dikabarkan tengah menguji fitur lain yakni WhatsApp Pay. Bekerja sama dengan sejumlah bank yang tersebar di penjuru dnia, fitur ini nantinya memungkinkan pengguna melakukan transaksi jual beli yang dilakukan melalui WhatsApp.

Konon WhatsApp Pay bakal diduetkan dengan WhatsApp bisnis yang sudah bisa diunggah di seluruh dunia pada Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GadgetsNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com