Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun, Zuckerberg Beberkan Kesalahan-kesalahan Facebook

Kompas.com - 05/02/2018, 09:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari Minggu, 4 Februari kemarin, Facebook berulang tahun yang ke-14. Jejaring sosial yang bermula dari kamar asrama Mark Zuckerberg di Universitas Harvard ini sekarang sudah meraksasa dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia.

Perjalanan Facebook tak selalu mulus selama belasan tahun kiprahnya. Zuckerberg selaku pendiri pun melakukan refleksi untuk menengok ke belakang lewat sebuah posting di hari ulang tahun Facebook.

Di dalamnya, secara singkat dia menjelaskan sejumlah kesalahan yang pernah dia lakukan selama memimpin Facebook, mulai dari kesalahan teknis, tak menanggapi tren dengan cepat, hingga meluncurkan produk gagal.

Meski pahit, Zuckerberg juga menegaskan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut sekaligus menjadi pembelajaran bagi Facebook di masa depan.

Baca juga: Facebook Dianggap Memecah Kerukunan, Mark Zuckerberg Minta Maaf

“Komunitas kita ada bukan karena kita menghindari kesalahan, tapi karena kita terus berupaya untuk mengatasi tantangan” tulis Zuckerberg. “Meski tahu akan gagal berulang kali, inilah satu-satunya cara untuk maju.”


Facebook belakangan banyak mendapat sorotan, terutama soal maraknya peredaran berita hoax yang disinyalir bisa ikut mempengaruhi iklim politik sebuah negara, misalnya ketika pemilu presiden AS beberapa waktu lalu.

Zuckerberg pun bereaksi dengan menerapkan sejumlah perbaikan. Terakhir, dia sengaja mengubah algoritma News Feed supaya tak terlalu banyak menampilkan video viral dan lebih memprioritaskan posting dari teman dan keluarga pengguna.  

Akibatnya, durasi waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook pun menurun sehingga berpotensi menggerus pendapatan iklan Facebook. Namun Zuckerberg bersikukuh perubahan tersebut bakal berdampak baik bagi komunitas Facebook secara keseluruhan dengan mempererat hubungan pertemanan.

Baca juga: Zuckerberg Bakal Kembalikan Facebook Jadi Lebih Bermakna

“Mendekatkan kita dengan keluarga dan teman-teman adalah hal yang berarti,” ucap Zuckerberg di posting yang ditulisnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (5/2/2018).

Hari Pertemanan

Facebook menyebut hari ulang tahunnya sendiri dengan julukan “Friends’ Day” alias Hari Pertemanan. Seperti tahun - tahun sebelumnya, para pengguna Facebook pun memperoleh notifikasi bahwa video pendek Friends Day telah dibuat secara otomatis dan siap dibagikan.

Tahun ini, di laman Friends’ Day, Facebook menampilkan “Friend Award” berupa teman-teman yang mendapat sejumlah “penghargaan” seperti paling sering berkomentar, paling banyak mendapat like, paling banyak memiliki mutual friend, dan lain-lain. Pengguna juga bisa membuat award sendiri untuk teman.

Di samping itu, Facebook turut menambahkan tiga filter bertema teman untuk fitur Camera, berikut sejumlah film pendek tentang kisah pertemanan unik dari seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com