Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Dengan Layar Berlian Dijanjikan Hadir Tahun Depan

Kompas.com - 08/02/2018, 06:55 WIB
Rizky Chandra Septania,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com- Kaca pelapis layar ponsel berbahan berlian sedang dikembangkan oleh perusahaan Amerika Serikat, Akhan Semiconductor. Oleh perusahaan tersebut, layar ini dinamai Miraj Diamond Glass.

Pemilihan berlian sebagai materi utama menyebabkan layar ponsel ini lebih tahan banting dibanding ponsel yang beredar saat ini. Sebab, berlian merupakan materi karbon super keras yang tahan gores dan tangguh.   

Alih-alih menggunakan berlian yang terbentuk di alam, Akhan menciptakan layar ponsel generasi baru ini dengan berlian yang dibuat melalui proses laboratorium.

Miraj Diamond Glass dibuat menggunakan pola "nanocrystal" yang disusun secara acak sehingga diklaim meminimalisir peluang terjadinya retakan, sekaligus melindungi komponen lain di baliknya seperti panel display LED atau sensor.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Kamis (8/2/2018), Akhan menjanjikan Miraj Diamond Glass bakal mulai digunakan melindungi layar-layar smartphone mulai tahun 2019 mendatang.

Untuk saat ini, Akhan bekerjasama dengan sebuah rekanan pabrikan perangkat untuk menyempurnakan sang layar berlian. Masih ada sejumlah pengujian yang mesti dilakukan, seperti uji ketahanan dan konduktivitas untuk mendukung fungsi touch screen.

Ada juga persoalan pantulan cahaya dari layar berlian. Apabila terlalu banyak memantulkan cahaya, layar ponsel bisa sulit dilihat oleh pengguna.

Saat sudah tersedia nanti, harga Miraj Diamond Glass kemungkinan awalnya bakal tinggi sehingga hanya bisa digunakan di smartphone kelas atas. Ke depannya, Akhan berencana turut membuat layar berlian untuk jenis perangkat lain di luar ponsel, seperti fitness band.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com