Earphone Nirkabel Pasangan iPhone 7 Dilaporkan Meledak - Kompas.com

Earphone Nirkabel Pasangan iPhone 7 Dilaporkan Meledak

Kompas.com - 09/02/2018, 15:25 WIB
Airpod MeledakAirPod Airpod Meledak

KOMPAS.com - Meledak dan terbakarnya perangkat tertentu seperti ponsel sudah sering terjadi. Namun bagaimana jika perangkat yang meledak bukanlah ponsel, melainkan sebuah earphone? Ini merupakah hal baru.

Perangkat earphone nirkabel besutan Apple, AirPods dilaporkan meledak di Saint Petersburg, Rusia. Hal ini dialami oleh seorang pemuda dari Tampa, Amerika Serikat bernama Colon.

Berdasarkan pengakuannya, Saat itu ia tengah mendengarkan musik dansa remix di sebuah tempat fitness. Saat itu ia melihat sesuatu yang janggal pada perangkat AirPods-nya.

Tanpa sebab, AirPods miliknya mengeluarkan asap. Tak menunggu lama, Colon meninggalkan perangkat tersebut dan keluar dari tempat fitness untuk meminta bantuan.

Saat kembali dan memanggil bantuan, Colon terkejut mendapati perangkatnya sudah dalam keadaan terbakar.

Baca juga: Mengenal AirPods, Earphone Nirkabel Pendamping iPhone 7

"Ini hal paling gila yang pernah saya alami," ujar Colon dikutip KompasTekno dari WLFA, Jumat (9/2/2018).

"Bayangkan jika itu terjadi di telinga saya. Mungkin kuping saya bisa terbakar," tambahnya.

AirPod, aksesori earphone wireless untuk iPhone 7Apple AirPod, aksesori earphone wireless untuk iPhone 7
Meski tidak tahu penyebab pastinya, Colon menduga ledakan tersebut terjadi lantaran ada masalah dengan baterai AirPods. Pasalnya, AirPods merupakan perangkat output suara nirkabel yang terhubung ke iPhone 7 melalui bluetooth.

Apple lakukan investigasi

Menanggapi kasus tersebut, Apple melalui juru bicaranya menyebut bahwa pihaknya tengah melakukan investigasi dan akan segera menghubungi Colon.

Ledakang perangkat terkait produk Apple sebetulnya bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, perangkat iPhone pernah mengalami ledakan di Apple Store yang terletak di Swiss dan Spanyol.

Baca juga: Headphone Beats Meledak, Apple Salahkan Baterai

Ledakan terjadi karena konsleting pada baterai. Kasus ledakan ini menelan korban luka hingga tujuh orang.

Selain Apple, Samsung dengan perangkat Galaxy Note 7-nya juga pernah mengalami hal serupa. Lagi-lagi karena korsleting akibat baterai yang mengembang.

Meski tak sampai menelan korban jiwa, Samsung pada akhirnya menarik peredaran Galaxy Note 7 dari pasar, demi alasan keselamatan.


Komentar
Close Ads X