Gandeng Pabrikan Amerika, Whitesky Rambah Bisnis Manajemen Helikopter - Kompas.com

Gandeng Pabrikan Amerika, Whitesky Rambah Bisnis Manajemen Helikopter

Kompas.com - 09/02/2018, 17:07 WIB
Helikopter Bell dipamerkan di Singapore Airshow 2018.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Helikopter Bell dipamerkan di Singapore Airshow 2018.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai swasta dan operator taksi udara di Indonesia, Whitesky Aviation, akan mengembangkan bisnis manajemen helikopter di Indonesia dengan menggandeng pabrikan Bell Helicopter asal Amerika Serikat.

Hal itu diungkapkan oleh CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja di ajang Singapore Airshow 2018. Menurut Denon, manajemen helikopter adalah bisnis yang bergerak di sektor perawatan, pemeliharaan, dan manajemen bagi pemilik helikopter di Indonesia.

"Kalau ada individu yang ingin beli helikopter, nanti kami yang maintain, kita fasilitasi mereka untuk ketemu dengan Bell Helicopter, juga dari segi acquisition dan maintenance," kata Denon saat dijumpai oleh wartawan KompasTekno Reska K. Nistanto di Singapura, Selasa (6/2/2018).

Untuk urusan pembiayaan, Denon mengatakan pihaknya akan menggandeng perusahaan finansial, Textron Finance Corporation.

Lewat manajemen helikopter ini, Denon mengatakan calon pembeli helikopter Bell tidak perlu khawatir soal pemeliharaan atau pasokan suku cadang, mereka tinggal pakai terbang saat dibutuhkan saja.

Denon Prawiraatmadja, CEO Whitesky Aviation di ajang Sigapore Airshow 2018.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Denon Prawiraatmadja, CEO Whitesky Aviation di ajang Sigapore Airshow 2018.
Whitesky Aviation saat ini memiliki hangar di Cibubur, dan sedang membangun hangar baru di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Di hangar inilah nantinya perawatan helikopter-helikopter itu akan dilakukan. Denon mengatakan, menurut rencana hangar di bandara Soekarno-Hatta akan mulai beroperasi pada akhir 2018 ini.

Whitesky Aviation sendiri menjadi operator beberapa tipe Bell Helicopter, seperti Bell 505 dan Bell 429 yang kini dijadikan sebagai layanan Heli City.

Whitesky Aviation pada 2016 lalu menandatangani pembelian 30 unit helikopter Bell 505 yang dua di antaranya sudah dikirim pada 2017. Dua unit Bell 505 lagi akan dikirim pada 2018 ini.


Komentar
Close Ads X