Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Beri Notifikasi Saat Stories Di-screenshot?

Kompas.com - 12/02/2018, 10:27 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Foto dan video yang diunggah ke Instagram Stories dimaksudkan untuk otomatis menghilang setelah 24 jam. Namun selama ini, foto/video Stories bisa “diambil” oleh orang lain lewat metode screenshot atau screen recording tanpa ketahuan.

Ke depan, Instagram bakal memberikan notifikasi apabila ada orang lain yang mengambil screenshot atau screen recording dari konten Stories.

Hal sebaliknya juga berlaku. Jika pengguna mengambil screenshot Stories seseorang, maka orang yang bersangkutan akan diberikan notifikasi dan bisa melihat identitas sang pengambil screenshot.

Notifikasi Instagram untuk memberitahukan nama akun lain yang mengambil screenshot atau screen recording dari Stories yang diunggah pengguna.The Next Web Notifikasi Instagram untuk memberitahukan nama akun lain yang mengambil screenshot atau screen recording dari Stories yang diunggah pengguna.
Sejumlah pengguna Instagram melaporkan bahwa mereka mulai menerima notifikasi screenshot Stories di Instagram. Bentuknya berupa tanda bintang di samping nama akun di dalam Story Views (seen by) konten Stories yang bersangkutan.

Saat ingin mengambil screenshot orang lain untuk pertama kalinya, Instagram tak akan mengirimkan notifikasi ke pengunggah Stories.

Namun, aplikasi bakal memberi peringatan bahwa notifikasi akan diberikan mulai screenshot berikutnya.

Notifikasi screenshot Stories ini agaknya sedang digulirkan secara bertahap karena baru segelintir pengguna yang mengaku  sudah mulai menemukannya di akun masing-masing.

Cara mencegah

Dengan memberikan notifikasi, pengguna Instagram pun bisa mengetahui siapa saja yang diam-diam suka mengambil screenshot atau screen recording dari Stories yang diunggah.

Baca: Cara Lihat Instagram Stories Tanpa Ketahuan

Lantas, adakah cara agar Instagram tak memberikan notifikasi ke pengunggah Stories? Terrnyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Senin (12/2/2018).

Pertama, apabila pengguna mengaktifkan Airplane Mode (untuk memutus koneksi internet) saat melakukan screenshot, maka Instargam tidak akan memberikan notifikasi ke orang yang  unggahan Stories-nya diambil.

Kedua, bisa juga melihat Stories dengan mengunjungi situs desktop Instagram lewat browser komputer, login, lalu melakukan screenshot dari sana.

Pengguna bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk melakukan hal serupa seperti Story Reposter untuk pengguna iPhone, dan StorySaver di platform Android.

Tentu, ada pula opsi lain yang pasti aman, yakni dengan tidak mengambil screenshot atau screen recording Stories orang lain, supaya Instagram tak memberikan notifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com