Membuat Kado Video Valentine dengan Google Photos - Kompas.com

Membuat Kado Video Valentine dengan Google Photos

Kompas.com - 13/02/2018, 15:35 WIB
Google PhotosGoogle Google Photos

KOMPAS.com - Momen Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari, membuat sejumlah orang ingin menyiapkan sesuatu yang spesial, entah untuk teman, pasangan, orangtua, atau orang terdekat lainnya.

Jika memberi cokelat sebagai tanda kasih sayang sudah dianggap biasa, Anda dapat menyiapkan hal lain untuk orang terkasih. Contohnya video berisi kumpulan foto.

Mengacu pada hal tersebut, Google baru saja merilis fitur baru di layanan Google Photos, yakni themed movies. Fitur ini menyusun foto-foto menjadi video dengan beragam tema. Salah satu tema yang dimiliki adalah tema Valentine's Day.  

Namun berdasarkan pengalaman KompasTekno, fitur tema Valentine's Day belum tersedia pada perangkat Android bagi pengguna di Indonesia. Meski begitu, tema ini tetap bisa dipilih dari browser web.

Membuat video themed movie sangat mudah, buka aplikasi Google Photos di perangkat iOS atau Android, atau melalui browser web, lalu buka tab Asistant, dan pilih Movie untuk memulai. Atau Anda bisa langsung membuka tautan berikut ini.

Setelah itu, Anda bisa memilih tema (themed) yang diinginkan, dan siapa saja yang ingin dimasukkan ke dalam video. Google akan menggunakan machine learning untuk memilih foto berdasar orang-orang yang Anda pilih.

Berikut adalah langkah-langkah lebih detailnya:

1. Buka Aplikasi Google Photo pada aplikasi Android dan iOS. Jika menggunakan link Web, bisa buka laman berikut.

2. Periksa album Anda, apakah sudah terdapat foto yang ingin dibuat film atau belum. Jika belum, unggah foto terlebih dulu. Anda dapat memilih hingga 50 buah foto sekali unggah.

Google PhotosRizky.C.Septania Google Photos

3. Setelah diunggah pilih menu Assistant. Pada menu tersebut terdapat menu dengan tombol warna warni. Pilih menu Movie.

Google PhotosRizky.C.Septania Google Photos

4. Akan muncul pilihan seperti berikut. Pilih tema Valentine's Day.


5. Google akan meminta Anda memilih, siapa saja yang ingin dimasukkan ke dalam video. Pilih satu atau dua foto wajah. Setelah itu klik tombol Get Started.

Google PhotosRizky.C.Septania Google Photos

6. Google akan memproses themed movie secara otomatis. Jika sudah selesai, Google Photos akan memunculkan pemberitahuan.

Google PhotosRizky.C.Septania Google Photos
Google juga akan menambahkan soundtrack (musik latar) agar membuat video lebih manis. Jika tidak puas dengan hasil editan otomatis Google, Anda bisa mengedit video lebih lanjut dengan aplikasi di Android atau iOS.

Sebagai catatan, Jika akun Google Photos Anda mendeteksi banyak wajah, maka Anda harus memilih foto yang dimaksud terlebih dahulu. Jika tidak, maka foto yang sudah jadi akan tumpang tindih.


Selamat mencoba!


Komentar
Close Ads X