Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo R13 Jadi Ponsel Snapdragon 670 Pertama?

Kompas.com - 14/02/2018, 08:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone Oppo dengan nomor model PAAT00 dan PAAM00 masuk dalam daftar pengajuan sertifikasi. Sumber dalam industri menyebut seri tersebut nantinya akan hadir dengan nama komersil “Oppo R13” dan “R13 Plus”.

Keduanya adalah penerus flagship Oppo R11 dan R11 Plus keluaran 2017 lalu. Sejauh ini belum banyak bocoran yang beredar, kecuali desas-desus bahwa Oppo R13 dan R13 Plus bakal menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung chipset Snapdragon 670 buatan Qualcomm.

Merujuk pada rekam jejaknya, Oppo R11 dan R11 Plus pun diluncurkan sebagai smartphone pertama di dunia yang memakai Snapdragon 660. Chipset tersebut untuk smartphone kelas menengah, tetapi mendukung custom core Kyro dengan arsitektur 64-bit, ala chip premium.

Snapdragon 670 sendiri belum dirilis resmi, tetapi bocoran spesifikasinya sudah ramai di ranah maya. Naga-naganya chipset tersebut bakal jadi yang pertama di kelas menengah dengan pemrosesan 10nm FinFET.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Chip Snapdragon 670

Pemrosesan tersebut biasanya ditemukan pada chip seri high-end, Snapdragon 800. Sebagai perbandingan, chip Snapdragon 845 teranyar dan Exynos 9810 juga dibangun dengan teknologi 10nm FinFET.

Menurut bocoran, Snapdragon 670 memadankan enam inti CPU Cortex-A55 yang super efisien dan dua inti CPU Cortex-A75 untuk performa garang. CPU-nya sendiri didukung GPU Adreno 615 dan modem Qualcomm Gigabit.

Pada pengujian benchmark di aplikasi Geekbench, Snapdragon 670 meraup skor 1.845 untuk single-core dan 5.215 untuk multi-core.

Selain “jeroan”, desain Oppo R13 dan R13 Plus mulai banyak diperbincangkan. Keduanya dilaporkan akan mengusung layar full-screen dengan notch (layar yang bingkai atasnya menjorok ke dalam) serupa iPhone X.

Fitur pemindai sidik jari terintegrasi di layar pun kabarnya akan tersemat pada Oppo R13 dan R13 Plus, begitu juga fitur pengenal wajah sebagai otentikasi keamanan tambahan. Berbagai rumor ini belum dikonfirmasi oleh Oppo, sehingga belum bisa dipercaya 100 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com