7 Teknologi di Film Fiksi yang Kini Jadi Nyata - Kompas.com

7 Teknologi di Film Fiksi yang Kini Jadi Nyata

Kompas.com - 14/02/2018, 19:23 WIB
Salah satu gadget yang dipakai di serial Star Trek.Istimewa Salah satu gadget yang dipakai di serial Star Trek.

KOMPAS.com — Penggemar film bergenre science fiction atau fiksi ilmiah tentu tak asing dengan suguhan kecanggihan teknologi yang ditampilkan. Banyak di antaranya tidak masuk akal sehingga membutuhkan efek visual demi mendapat emosi penonton.

Namun, siapa sangka, dari ide teknologi yang tidak masuk akal tersebut justru benar-benar diciptakan dan menjadi lumrah digunakan.

Seperti film-film fiksi ilmiah era 60-an, banyak teknologi yang ada di cuplikan film tersebut menjadi nyata saat ini dan telah banyak digunakan oleh masyarakat.

KompasTekno telah merangkum tujuh teknologi khas fiksi ilmiah tahun 60-an yang menjadi kenyataan di era milenial, dilansir dari Digital Trends, Rabu (14/2/2018).

1. Alat penerjemah


Alat penerjamah universal yang bisa menerjemahkan berbagai bahasa, pertama kali muncul di beberapa film. Seperti serial The Hitchhiker's Guide to Galaxy atau Star Trek. Di film Hitchhiker's Guide to Galaxy, alat tersebut berbentuk ikan kecil bewarna kuning yang disebut "babel fish".

Cara kerja babel fish sedikit menyiksa karena harus masuk ke lubang telinga untuk mencapai otak yang akan menyerap gelombang energi dibawah alam sadar. Kemudian, ikan tersebut akan mengekskresikan matriks untuk menerjemahkan langsung ke telinga.

Bibel Fish, teknologi penerjemah universal yang diciptakan Yahoon tahun 1997Digital Bibel Fish, teknologi penerjemah universal yang diciptakan Yahoon tahun 1997

Di kemudian hari, katakanlah tahun 1997, Yahoo merilis aplikasi terjemahan bernama serupa.
Namun babel fish milik Yahoo lebih manusiawi dengan menggunakan perangkat komputer dan koneksi internet, layaknya Google Translate yang umum digunakan.

Wireless Earbuds Wvaerly Labswaverly Labs Wireless Earbuds Wvaerly Labs

Hingga saat ini, teknologi peling mirip dengan si babel fish dalam film Hitchhiker's Guide to Galaxy adalah wireless earbuds, handset yang menerjemahkan langsung ke telinga.
Beberapa perusahaan teknologi seperti Google, dan Waverly Labs telah merilis handset ini.

2. Asisten digital berbasis A.I


Jika pernah menyaksikan film 2001: A Space Odyssey atau Alien's "Mother" mungkin akan menyaksikan embrio teknologi AI yang menjamur saat ini. Tokoh fiksi ikonik HAL 9000 misalnya, digambarkan sebagai "spesies" komputer yang bisa berbicara, bahkan berperan antagonis.

Dalam perkembangannya, HAL 9000 bertransformasi menjadi Siri, asisten digital pertama Apple yang tentu tidak memiliki karakter antagonis layaknya HAL 9000.

Siri pertama kali muncul di perangkat iPhone 4s tahun 2011 setelah dikembangkan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, asisten digital sudah banyak ditemukan seperti di Google atau Alexa milik Amazon. Asisten digital menggunakan teknologi kecerdasan buatan ( artificial intelligence).

3. Pistol laser


Pistol laser atau "rayguns" pertama kali muncul di film Star Trek, Star Wars dan seri James Bond 'Moonraker' tahun 1979. Saat ini, teknologi pistol laser telah dibuat oleh salah satu perusahaan pertahanan dan keamnan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin.

Sebut saja, 200W laser Canon yang diklaim memiliki kekuatan 400x lebih berbahaya dari modular ATHENA laser Canon.

Di masa mendatang, perusahaan pertahanan asal Amerika Serikat tersebut menjanjikan laser canon akan membantu melindungi tentara dari ancaman pasukan pesawat tanpa awak.

Baca juga : 7 Game Mobile yang Kini Melegenda

4.Tablet


Pertama kali muncul di film 2001: A Space Odyssey keluaran 1968. Salah satu adegan menampilkan salah satu tokoh sedang mengoperasikan sebuah peragkat mirip tablet saat ini.

ilustrasi iPad menggunakan stylus ilustrasi iPad menggunakan stylus

Konsep tablet peratama kali ditemukan oleh bapak Microsoft, Bill Gates pada tahun 2000. Kemudian diikuti oleh pesaingnya, Steve Jobs yang menelurkan iPad petrtama pada tahun 2010 yang tampil lebih elegan dan minim tombol alias full touch screen.

5. Hologram


Lagi-lagi, Star Wars mencuplikan embrio teknologi tahun 2000an. Pada film Star Wars tahun 1977, terdapat adegan munculnya Princess Leia dalam format hologram yang keluar dari sebuauh robot.

Dalam perkembangannya saat ini, hologram yang serupa diciptakan oleh printer 3D menggunakan sinar laser bukan tinta.

Penemuan tersebut bernama volumetric images yang dikembangkan kelompok electro-holography dari Universitas Brigham Young baru-baru ini.

Baca juga : Apple dan Amazon Berebut Film James Bond

6. Video call


Film 2001: A Space Odyssey masih menyisakan beberapa bakal teknologi masa depan. Dalam salah satu adegan menampilkan percakapan video atau lazim disebut video call.

Bedanya, pada film tersebut alat video call terlilhat lebih ribet menggunakan komputer berukuran besar dengan keypad number di sisi kanan.

Berkat perkembangan koneksi jaringan internet yang semakin cepat dan fitur gadget yang semakin minimalis, video call tak akan sesulit adegan film tersebut.

Skype for WebSkype.com Skype for Web

Layanan video call pertama kali dimunculkan Skype pada tahun 2003, dan masih digunakan hingga sekarang dibawah naungan Microsoft. Kemudian diikuti Amazon Echo Show dan Face Time di iPhone sejak 2010.

Saat ini, layanan video call semakin mudah dilakukan melalui platform layanan pesan instan seperti Whats'app atau Messenger.

7. Jam tangan komunikator (smartwatch)


Kali ini memang tidak terhitung sebagai film sci-fi. Namun masih patut diperhitungkan sebagai fiksi ilmiah yang menampilkan cikal bakal teknologi smartwatch.

"Nenek moyang" smartwatch pertama kali muncul di serial kartun Dick Tracy yang diadopsi dari komik strip berjudul sama. Tracy menceritakan tentang seorang detektif ulung yang menggunakan arloji canggihnya untuk berkomunikasi.

Sebenarnya, perkembangan smartwatch sudah dimulai sejak tahun 1972 bernama Pulsar yang diproduksi oleh perusahaan arloji terkenal asal Swiss, Hamilton Watch.

Teknologi tersebut terus dikembangkan beberapa perusahaan teknologi termasuk Apple yang merilis smartwatch pertamanya berjuluk Apple Watch pada tahun 2015.

Apple Watch diperkenalkan bersamaan iPhone 6.Techradar.com Apple Watch diperkenalkan bersamaan iPhone 6.

Perkembangan smartwatch semakin subur saat ini dengan beberapa vendor teknologi ikut mengeluarkan smartwatch seperti Google, LG, Adidas, Ticwatch, Samsung atau Huawei.


Komentar
Close Ads X