Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo "Jadul" Apple "Pelangi" Bakal Dipakai Lagi?

Kompas.com - 21/02/2018, 08:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tersiar kabar jika Apple telah mendaftarkan logo ikoniknya ke lembaga paten dan merek dagang AS atau U.S. Patent and Trademark Reporting and Monitoring System (TRAM) pada Desember 2017 lalu.

Logo ikonik tersebut adalah logo buah apel yang diselimuti warna pelangi bergaris horizontal, atau umum disebut Apple "rainbow".

Dari aplikasi yang diajukan, logo yang pertama kali muncul di Apple II tahun 1977 tersebut rencananya akan dipakai oleh Apple kembali di produk-produknya.

Namun, produk yang dimaksud nampaknya bukan produk gadget, melainkan produk clothing seperti kaos, celana, dan topi yang rencananya akan diproduksi Apple.

"Logo tersusun dari desain sebuah apel lengkap dengan gigitan, disertai sehelai daun bewarna hijau yang terpisah, dan juga garis horizontal yang memisah segmen warna buah apel yang tersusun atas warna (dari atas ke bawah): hijau, kuning. orange, merah, ungu, dan biru", begitu keterangan yang tertera dalam paten yang diajukan Apple.

Sepenggal keterangan pengajuan hak paten logo Apple rainbow atau Logo Apple bewarna pelangi yang dikabarkan akan digunakan untuk produk clothing.TheBlast.com Sepenggal keterangan pengajuan hak paten logo Apple rainbow atau Logo Apple bewarna pelangi yang dikabarkan akan digunakan untuk produk clothing.

Dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (21/2/2018), meskipun aplikasi yang diajukan menggunakan dasar suatu kehendak atau intent-to-use (ITU), menggunakan merek dagang di produk clothing atau sejenisnya seperti bukan kebiasaan Apple.

Memang, pada dasarnya sebuah perusahaan boleh mengajukan aplikasi ITU, meskipun belum akan menggunakan merek dagangnya dalam waktu dekat. Jadi, pendaftaran ke ITU bisa digunakan untuk "mengamankan" merek sebelum dipakai di suatu produk.

Jika benar lolos, kemungkinan, produk clothing Apple didistribusikan secara internal atau dijual di Apple Store. Apple sendiri telah menjual merchandise t-shirt berlogo Apple di beberapa Apple Store.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Apple mengenai pengajuan merek dagang logo legendaris ini.

Komputer Apple LisaMac History Komputer Apple Lisa
Logo apel pelangi sendiri resmi ditanggalkan Apple pada 1998, diganti dengan desain buah apel baru bewarna monokrom, yang saat ini melekat di semua hardware dan software produksi Apple.

Mengenai warna pelangi, banyak mitos yang berkembang mengenai arti logo tersebut. Namun, Jean-Louis Gassee, mantan eksekutif Apple menjelaskan dalam sebuah wawancara tahun 2009 silam, jika warna tersebut adalah warna bar di layar dan merupakan perlambangan humanis.

"Itu adalah usaha untuk membuat logo yang bisa diterima semua orang, terutama generasi muda sehingga Steve (Jobs) bisa membawa mereka ke sekolah-sekolah,” ucap Janoff.

Baca juga: Kisah dan Mitos di Balik Logo Apple

Ia menambahkan, gigitan di sebelah kanan juga didesain untuk memberikan penegasan jika gambar tersebut adalah buah apel bukan tomat atau buah ceri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com