Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2018, 00:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Berbulan-bulan menjadi buah bibir, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus akhirnya resmi meluncur dalam acara bertajuk "Galaxy Unpacked 2018", Minggu (25/2/2018), beriringan dengan ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol.

Acara dimulai pukul 18.00 waktu setempat atau 00.00 dinihari pada Senin (26/2/2018) di Indonesia.

Di atas panggung peluncuran, CEO Samsung Mobile, DJ Koh, mengatakan, tahun 2017 lalu ada 1,2 triliun foto yang dijepret, 10 miliar video, dan lima gigaliun emoji yang dibagi via smartphone. Ini menunjukan bagaimana komunikasi visual dibangun di smartphone dan memengaruhi kebiasaan kita.

"Kami berikan kepada Anda Galaxy S9 dan S9 Plus," kata DJ Koh sambil memamerkan dua smartphone terbaru Samsung tersebut untuk kali pertama.

DJ Koh mengatakan, duo flagship ini dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern akan smartphone premium yang elegan.

CEO Samsung Mobile DJ Koh memamerkan smartphone Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus untuk pertama kalinya di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2018).Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com CEO Samsung Mobile DJ Koh memamerkan smartphone Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus untuk pertama kalinya di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2018).
Galaxy S9 mengusung layar AMOLED berukuran 5,8 inci, sementara Galaxy S9 Plus lebih jumbo dengan layar 6,2 inci. Keduanya mengandalkan "jeroan" flagship Exynos 9810 atau Snapdragon 845, tergantung wilayah penjualan.

Kapasitas RAM dan memori Galaxy S9 dirasa cukup dengan perpaduan 4 GB/64 GB. Sementara itu, varian Galaxy S9 Plus lebih garang dengan kapasitas RAM dan memori 6 GB/256 GB. Jika kurang, pengguna bisa mengekspansi hingga 400 GB melalui kartu microSD.

Galaxy S9 memiliki kamera utama berkualitas 12 megapiksel dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4. Ini adalah yang pertama kali diterapkan pada kamera smartphone dan diklaim mampu menghasilkan gambar yang apik di segala kondisi, terang maupun gelap.

Fitur lainnya pada komponen kamera adalah perekaman video “super slow-motion” dengan frame rate 960 fps di resolusi 720p atau 240 fps dengan resolusi 1080p. Video 0,2 detik bisa diperpanjang menjadi enam detik.

Kemampuan super slow-motion tersebut diklaim setara dengan yang tertera pada kamera profesional. Pengguna mampu meningkatkan efek dramatis pada momen-momen berharga.

Galaxy S9 Plus dibekali kamera serupa, tetapi ditambah kamera kedua untuk telephoto. Ini adalah kali pertama Samsung memberlakukan kemampuan kamera yang berbeda pada seri Galaxy S varian standar dan Plus.

Lensa telephoto Galaxy S9 Plus memungkinkan penjepretan dengan efek bokeh untuk objek-objek portrait. Modul kamera dan pemindai sidik jari pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus disusun secara vertikal di punggung perangkat, bukan horisontal seperti pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Fitur andalan lainnya dari lini Galaxy S9 dan S9 Plus termutakhir ini adalah "My Emoji". Seperti yang diprediksi sebelumnya, My Emoji merupakan emoji super fleksibel yang bisa  disesuaikan dengan wajah asli pengguna. Diharapkan komunikasi virtual antar-pengguna bisa lebih ekspresif dan relevan.

Dari segi audio, Galaxy S9 dan S9 Plus akan dilengkapi dengan speaker buatan vendor audio AKG. Lebih menariknya lagi, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus tetap mempertahankan colokan earphone 3,5 mm.

Belum diketahui harga dan ketersediaan Galaxy S9 dan S9 Plus di Indonesia. Merujuk pengalaman yang sudah-sudah, biasanya seri Galaxy S diboyong sebulan setelah rilis resmi atau sekitar Maret mendatang. (Update: Ini Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Indonesia)

Baca juga: Melihat Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dari Berbagai Sisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com