Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Perkenalkan Smartphone V30S ThinQ dengan Kecerdasan Buatan

Kompas.com - 27/02/2018, 10:31 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dibanding meluncurkan smartphone flagship baru, LG lebih memilih menerapkan upgrade untuk produk yang sudah ada. Pabrikan asal Korea Selatan itu pun memperkenalkan V30S ThinQ menjelang MWC 2018 di Barcelona, Spanyol, akhir pekan lalu.

Meski berpenampilan sama dengan V30 sebelumnya,  LG V30S ThinQ memiliki jeroan lebih mumpuni dan fitur andalan berupa kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI), yang mampu bekerja secara visual (Vision AI) dan audio (Voice AI).

Vision AI terbagi menjadi tiga fitur kamera, yakni AI Cam, QLens, dan Bright Mode. AI Cam menganalisis scene pemotretan lalu merekomendasikan salah satu dari delapan kategori shooting mode yang tersedia, dari portrait hingga landscape dan flower, untuk hasil maksimal.

QLens mampu mengenali obyek yang ada di depan kamera sehingga pengguna bisa menggali informasi lebih lanjut di internet lewat image search. QLens juga bisa memindai QR Code dan Barcode. Sementara, Bright Mode mampu menambah "cahaya" artifisial agar pemotretan low light tampil lebih terang.

Adapun Voice AI digunakan untuk tool QVoice yang terhubung ke Google Assistant, namun jenis perintah yang bisa dilakukan lebih banyak dan beragam. Misalnya, pengguna bisa memerintahkan ponsel agar merekam video slow-motion atau menjepret foto dengan lensa wide angle.

LG V30S ThinQ sendiri memiliki layar P-OLED berukuran 6 inci dengan resolusi 2.880 x 1.440 piksel (aspect ratio 18:9). Dapur pacunya mengandalkan chip Snapdragon 835 dengan RAM 6 GB dan media penyimpnanan 128 GB.

Di punggung tersemat kamera ganda dengan lensa berbidang pandang standar selebar 71 derajat (16 megapiksel, f/1.6) dan lensa ultra-wide selebar 120 derajat (14 megapiksel, f/1.9). Sementara, kamera depan memiliki resolusi 5 megapiksel dengan lensa wide angle selebar 90 derajat.

Spesifikasi lain dari V30S ThinQ, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Selasa (27/2/2018), mencakup baterai 3.300 mAh, sistem operasi Android 8.0 Oreo, serta 32-bit Hi-Fi Quad DAC.

V30S ThinQ akan tersedia dalam pilihan warna Platinum Gray dan Moroccan Blue. Sayang, LG belum mengumumkan informasi harga dan jadwal penjualannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com