Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikasi Go-Jek Bakal Jual Saham di Bursa Efek Indonesia

Kompas.com - 06/03/2018, 10:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg,

KOMPAS.com - Awal pekan ini, manajemen perusahaan ride sharing berbasis aplikasi, Go-Jek, menyambangi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta dalam rangka memenuhi undangan dari Direktur Utama BEI, Tito Sulistio.

BEI mengundang Go-Jek terkait rencana penawaran perdana saham kepada publik (initial public offering, IPO) dari startup unicorn tersebut. Dalam pertemuan kedua pihak, Go-Jek menanyakan sejumlah hal tentang IPO.

Tito menjelaskan bahwa Go-Jek  menanyakan aturan listing bagi perusahaan yang rugi, dan dijawab bahwa perusahaan yang masih rugi boleh mencatatkan diri di bursa asalkan sudah beroperasi lebih dari setahun.

“Go-Jek juga tanya apakah boleh memiliki dua jenis saham. BEI mengatakan boleh, seperti BUMN punya golden share,” ujar Tito. Menurut dia, Go-Jek berkeinginan bisa tetap dimiliki oleh Indonesia jika memungkinkan.

Pertanyan lain dari Go-Jek terkait dokumen-dokumen yang perlu diserahkan saat IPO. Tito juga memberitahukan Go-Jek agar memberikan gambaran tentang proyeksi perusahaan hingga lima tahun ke depan.

Baca juga : Modal Triliunan Rupiah dari Astra dan Djarum Dipakai Apa oleh Go-Jek?

Pasti IPO

Andre Soelistyo, Presiden PT Aplikasi Anak Bangsa (Go-Jek) memastikan pihaknya akan mencatatkan diri sebagai perusahaan terbuka di Indonesia lewat IPO.

Eventually kami harus IPO,” ujarnya kepada Kontan, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Selasa (6/3/2018).

Untuk sekarang Go-Jek tengah melakukan persiapan yang diperlukan. Perusahaan belum menunjuk penjamin pelaksaan emisi untuk aksi korporasi tersebut.

Andre juga menjelaskan bahwa Go-Jek tengah mempertimbangkan skema dual listing di negara yang mengerti kebutuhan dari perusahaan di negara berkembang seperti Go-Jek.

Dengan terdaftar di bursa Jakarta, Go-Jek berharap sahamnya bisa dimiliki oleh warga Jakarta, termasuk oleh para rekanan driver. Lalu, dengan skema dual-listing, investor asing pun bisa membeli saham Go-Jek.

Meski demikian, Andre menegaskan bahwa Go-Jek belum akan melakukan IPO tahun ini. Waktu pasti untuk melakukan penawaran perdana saham masih belum diketahui.

Ketika berbicara dalam konferensi Year Ahead Asia yang digelar Bloomberg akhir tahun lalu, CEO Gojek Nadiem Makarim hanya mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar IPO dalam waktu “beberapa tahun ke depan”.

Baca juga : Berapa Jumlah Pengguna dan Pengemudi Go-Jek?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Bloomberg,
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com