Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 6S Dipasangi Baterai Baru, Sekencang Apa?

Kompas.com - 07/03/2018, 14:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir 2017 lalu, Apple mengaku sengaja memperlambat kinerja lini iPhone lawas melalui sistem operasi. Menurut Apple, hal itu demi mencegah ponsel mati mendadak karena performa baterai tua yang menurun.

Atas tindakan tersebut, perusahaan asal Cupertino itu meminta maaf dan menganjurkan pengguna iPhone lawas seperti iPhone 6s untuk mengganti baterai perangkatnya. Apple memberikan diskon 40 persen, dari harga asli 79 dollar AS (sekitar Rp 1 jutaan) menjadi 29 dollar AS (sekitar Rp 400.000).

Lantas, setelah mengganti baterai iPhone lawas yang baru, seberapa kencang kinerjanya? Salah satu engineer software di Microsoft, Bennett Sorbo membuat video yang menguji kecepatan peforma antara iPhone 6s dengan baterai lama dan iPhone 6s dengan baterai baru.

Hasilnya cukup meyakinkan. Kinerja iPhone 6s dengan baterai baru lebih cepat dibanding iPhone 6s dengan baterai lawas.

Baca juga: iPhone Lawas Sengaja Dibikin Lemot oleh Apple, Mengapa?

Proses membuka aplikasi seperti Spotify, YouTube, Google Maps, halaman situs, hingga game, nampak lebih lancar dengan dukungan baterai baru.

Di akhir video, iPhone 6s dengan baterai baru mampu menyelesaikan tes dalam waktu 4 menit 33 detik untuk membuka 14 aplikasi. Rata-rata dibutuhkan waktu dua hingga tiga detik untuk membuka tiap aplikasi.

Sementara iPhone 6s dengan baterai yang belum diganti, butuh waktu 5 menit 45 detik untuk memproses aplikasi-aplikasi yang sama. Butuh rata-rata tiga hingga empat detik untuk memuat tiap aplikasi.

Sorbo juga menguji benchmark keduanya dengan Geekbench. Hasilnya memang iPhone 6s dengan peremajaan baterai meraih skor lebih tinggi, yakni 4.412 dibanding iPhone 6s dengan baterai lawas yang hanya meraih 2.485.

Dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, Rabu (7/3/2018), Sorbo mengaku membeli iPhone 6s dua tahun lalu. Seperti pengguna iPhone 6s lainnya, Sorbo juga mengeluhkan peforma perangkat yang menurun akibat usia baterai yang uzur.

Dilaporkan, saat ini stok baterai baru untuk iPhone 6s mulai menipis. Jadi, bagi pengguna iPhone 6s yang belum sempat mengganti baterai, tampaknya perlu mengantre sedikit lama antara Maret atau April.

Untuk melihat lebih jelas perbandingan kinerja iPhone 6s dengan baterai lama dan iPhone 6s dengan baterai baru, bisa disaksikan melalui video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com