Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Berkamera Pertama Samsung Hanya Simpan 20 Foto

Kompas.com - 09/03/2018, 11:10 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Resolusi tinggi, lensa ganda, hingga augmented reality, kamera di smartphone sekarang sudah semakin canggih. Tapi fitur yang satu ini tak begitu saja menghadirkan aneka kemampuan mumpuni, ada perjalanan panjang yang mesti dilalui.

Kisah perjalanan kamera ponsel itu dituangkan oleh Samsung dalam bentuk infografis. Isinya berupa gambaran evolusi ponsel berkamera Samsung, mulai dari awal kiprahnya dulu hingga era Galaxy S9 sekarang.

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa ponsel pertama Samsung yang memiliki kamera (SCH-V200), hanya sanggup menyimpan 20 foto. Itu pun masing-masing gambar hanya memiliki resolusi 0,35 megapiksel. Untuk melihat hasil fotonya pun pengguna mesti mentransfer file ke komputer.

Lambat laun, bersama dengan para pabrikan gadget lainnya, Samsung mecoba menerapkan inovasi baru pada kamera ponsel. Teknologi berkembang, lalu kamera ponsel pun menjadi semakin canggih.

Baca juga: Mengapa Kamera Galaxy S9 Dibekali 2 Bukaan Lensa Berbeda?

Pada 2010, Samsung memperkenalkan lini smartphone Galaxy S yang dibekali aneka macam mode foto, seperti Panorama, Stop Motion, dan Cartoon Shot.

Antarmuka layar sentuh di smartphone memberikan peningkatan besar dalam hal interaksi pengguna dengan aplikasi kamera. Mengambil gambar jadi semudah menyentuh dengan jari.

Potongan infografis yang memperlihatkan perjalanan kamera ponsel Samsung dari masa ke masa. Samsung Potongan infografis yang memperlihatkan perjalanan kamera ponsel Samsung dari masa ke masa.

Pada 2013, Samsung sempat menelurkan smartphone dengan lensa zoom optik 10x bernama Galaxy Zoom. Ponsel berbodi tebal ini memiliki kemampuan yang bisa menyaingi kamera saku. Sayang, produksinya kemudian tidak dilanjutkan.

Samsung mulai mengikuti arus tren kamera ganda lewat Galaxy Note 8 yang dirilis pada 2017 lalu. Setelahnya pabrikan kamera tersebut menelurkan pula sejumlah model smartphone dual camera dengan konsep berbeda, seperti Galaxy J7 Plus dan Duo Galaxy A8.

Terakhir, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (9/3/2018), Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus membenamkan lensa dual aperture f/1.5 dan f/2.4 slow motion 960 FPS resolusi HD 720p, dan AR Emoji.

Ingin menyimak perjalanan kamera ponsel Samsung selengkapnya? Simak dalam infografis di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com