Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan iOS

Kompas.com - 11/03/2018, 11:37 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Pengguna Android semakin tak mudah beralih ke perangkat iOS. Tingkat loyalitas mereka terus meningkat, mencapai 91 persen. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari firma Consumer Intelligence Research Partners (CIRP).

CIRP mengatakan loyalitas pengguna Android meningkat dan stabil sejak awal 2016 lalu. Padahal, pada awal 2014, tingkat loyalitas pengguna iOS masih lebih tinggi ketimbang Android.

Kala itu tingkat loyalitas pengguna iOS mencapai 83 persen, sementara Android cuma 78 persen. Artinya, pengguna Android lebih mudah beralih ke iOS ketika hendak upgrade ponsel.

Akhir 2014, pengguna iOS dan Android punya tingkat loyalitas yang sepadan. Lantas pelan-pelan loyalitas pengguna Android memuncak hingga berada di angka 91 persen pada Desember 2017.

Tingkat loyalitas pengguna iOS sebenarnya juga meningkat, tetapi tak semasif pengguna Android. Saat ini kesetiaan pengguna iOS terpaut antara 85 persen hingga 88 persen.

“Pada titik ini hanya ada dua sistem operasi mobile, maka pengguna bisa memilih satu, belajar, berinvestasi pada aplikasi dan memori, serta setia denganya,” kata pendiri CIRP, Mike Levin.

“Apple dan Google sekarang perlu mencari tahu bagaimana menjual produk dan layanan ke para konsumen loyal,” ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (11/3/2018), dari Techcrunch.

Perlu dicatat, penelitian soal tingkat loyalitas ini mengambil sampel pengguna di Amerika Serikat. Selain itu, basis pengguna Android sendiri lebih besar ketimbang pengguna iOS.

“Karena basis pengguna yang tinggi, angka absolut yang beralih ke iOS dari Android tetap besar atau lebih besar ketimbang pengguna yang beralih ke Android dari iOS,” kata Mike Levin.

Baca juga : Survei Android dan iPhone, Siapa Sering Crash?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com