Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Mario Kart" di Google Maps, Begini Cara Memunculkannya

Kompas.com - 12/03/2018, 10:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan peta digital Google Maps kehadiran tokoh Mario, karakter tukang ledeng terkenal dari video game buatan Nintendo. Hal ini untuk memperingati “Mario Day” yang jatuh pada 10 Maret lalu.

Jika disingkat, “Maret” bisa menjadi “Mar” dan angka “10” seakan-akan menjadi “io”. Penggabungan tanggal dan bulan tersebut menjadi “Mario”.

Kemunculan Mario di Google Maps sama dengan Pac-Man atau pesawat tempur Star Wars, Tie-Fighter sebelumnya. Kali ini panah navigasi biru bertransformasi menjadi Mario dan mobil go-kart-nya dari video game balap mobil “Mario Kart”.

Mario Kart dikembangkan sebagai spin-off dari “Super Mario” yang mendulang sukses di pasaran. Pada 2017 lalu, Mario Kart 8 Deluxe menjadi salah satu video game paling laris.

Baca juga: Membandingkan Google Maps dengan Waze, Mana Lebih Baik?

Mario Kart di Google MapsGoogle Maps Mario Kart di Google Maps
Lantas, bagaimana cara mendatangkan Mario dan mobil go-kart-nya pada Google Maps? Pertama, pastikan aplikasi Google Maps Anda telah diperbarui di Google Play Store atau Apple App Store.

Selanjutnya, masukan destinasi dan tekan tombol “Directions”. Google Maps akan memperlihatkan garis arah dari tempat asal Anda ke tempat tujuan.

Biasanya Anda hanya perlu memencet tombol “Start” untuk memulai navigasi. Kali ini, di samping tombol tersebut ada ikon tanda tanya “?”. Pilih ikon itu untuk menghadirkan Mario Kart.

Simbol ? yang khas di game Mario, tekan untuk memunculkan karakter Mario Kart di Google Maps.Google Maps Simbol ? yang khas di game Mario, tekan untuk memunculkan karakter Mario Kart di Google Maps.
“Oh ya! Mario Time! Navigasikan dunia Anda seperti Mario merayakan Mario Day pada 10 Maret,” begitu pemberitahuan yang muncul disertai bunyi khas Mario Kart.

Anda bisa pilih untuk tidak melanjutkan navigasi dengan Mario Kart atau melanjutkannya dengan menekan “Let’s-a go!”. Setelahnya, navigasi Anda akan lebih menarik secara visual dengan Mario Kart.

Mario Kart tak akan selamanya tersisip di Google Maps. Navigasi Anda bersama sang tukang ledeng dibatasi hanya selama sepekan ini.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com