Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fitur yang Bakal Hadir di Android P

Kompas.com - 13/03/2018, 19:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google telah mengumumkan versi terbaru sistem operasi Android yang sementara disebut Android P. Android P merupakan penerus Android O, yang kini resmi dikenal sebagai Android Oreo.

Saat ini, Android P masih dalam tahap pengembangan Developer Preview 1. Dengan kata lain, sistem oeprasi ini masih dalam versi beta dan baru bisa di coba oleh beberapa pengguna di perangkat Google Pixel sebelum akhirnya siap dirilis lebih luas.

Kemungkinan, Android P, yang disebut-sebut akan menggunakan nama Pistachio Ice Cream ini, akan dirilis resmi pada bulan Mei. Bebarengan dengan agenda konferensi I/O 2018 yang diselenggarakan Google.

Meski fitur-fitur yang dibawa belum resmi diumumkan, namun beberapa spekulasi fitur di Android P, mulai merebak.

Berikut 10 fitur yang kemungkinan akan hadir di Android P, yang dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Selasa (13/3/2018).


1. Multi-kamera yang mendukung aplikasi ketiga

Andoid P akan mengusung pengaturan kamera ganda yang kini banyak tersemat di smartphone hig-end maupun mid-range.

Dengan begitu, pengembang aplikasi bisa menyesuaikan software aplikasi mereka untuk mendukung multi-kamera di smartphone yang dijalankan Android P.

2. Tampilkan "notch" buatan mirip iPhone X

Tangkapan layar notch atau poni layar di Android P yang mirip iPhone XGadgets Now/XDA Developer Tangkapan layar notch atau poni layar di Android P yang mirip iPhone X

Android P semakin membuat "notch" alias poni layar khas iPhone X menjadi pasaran di perangkat Android. Sebuah tangkapan layar dari uji coba Android P Developer Preview 1 menampilkan menu "Display Cutout" (memotong layar).

Salah satu opsinya, menawarkan format full screen (layar penuh) dengan memberikan sedikit tambahan bingkai atau takik buatan yang menjorok di sisi atas layar.

Baca juga: Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran?

3. Gmail smart replies

Fitur "smart reply" di kotak masuk Gmail dan Google Allo sudah dirilis Google tahun lalu. "Smart reply" akan menampilkan beberapa opsi jawaban yang memanfaatkan algoritma machine learning.

Sehingga, pengguna cukup mengetuk pilihan jawaban singkat mana yang paling sesuai, tanpa perlu mengetik panjang.

4. Bisa lihat pesan gambar di notifikasi

Nantinya, pengguna Android P akan bisa melihat cuplikan pesan bergambar dengan cara menyapu ke bawah papan notifikasi dari atas layar, di mana fitur tersebut belum hadir di sistem Android saat ini. Pengguna harus membuka notifikasi terlebih dahulu untuk membuka lampiran pesan bergambar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com