Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube "Mode Gelap" Sudah Hadir di iOS

Kompas.com - 14/03/2018, 15:26 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tema gelap atau disebut juga "dark theme" dalam antarmuka YouTube, selama ini baru bisa dinikmati di platform desktop. Sejak dirilis pada 2017 lalu, tak butuh waktu lama bagi penonton YouTube untuk menggunakan fitur tampilan gelap ini di perangkat mobile.

Sebenarnya, koding mode gelap telah muncul di aplikasi YouTube mobile sejak Januari 2018 lalu, dan kini YouTube telah resmi meluncurkannya.

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Rabu (14/32018), dark theme mulai bisa diaktifkan pada perangkat mobile berbasis iOS, mulai hari ini.

Tanpa menganak tirikan "anak kandungnya", Google menjanjikan mode gelap juga bakal hadir di platform Android dalam waktu dekat.

Cara mengaktifkan dark theme

Cara mengaktifkan mode gelap (dark theme) di mobile sedikit berbeda dengan tampilan desktop.

Setelah membuka YouTube mobile di perangkat iOS, ketuk ikon akun yang bergambar foto profil di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu "Settings" (pengaturan), lalu aktifkan dark theme (tema gelap).

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap Tersembunyi di YouTube

Maka, jadilah seisi antarmuka YouTube didominasi warna hitam, tanpa harus mengaktifkan ulang aplikasi.

Mode gelap diyakini lebih aman bagi mata, sekalipun dalam kondisi ruangan gelap, selain itu juga bisa lebih menghemat baterai ponsel.

Menurut Google, fitur mode gelap menjadi yang paling banyak diminati untuk aplikasi mobile.
Dengan pembaruan ini, YouTube menambah panjang daftar aplikasi yang menyertakan mode gelap setelah Twitter dan aplikasi ketiganya, Reddit beserta aplikasi ketiganya, Feedly dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com