Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi, Oppo dan Meizu Bakal Adopsi Chip “AI” MediaTek?

Kompas.com - 16/03/2018, 16:16 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Akhir Februari lalu, MediaTek mengumumkan system-on-chip Helio P60 yang dibekali dengan teknologi pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI), bernama NeuroPilot. Namun, pabrikan chip itu belum mengungkapkan, vendor smartphone mana saja yang akan memakai Helio P60.

Belakangan beredar kabar bahwa Helio P60 bakal dipakai di sejumlah produk smartphone bikinan tiga produsen China, yakni Xiaomi, Oppo, dan Meizu.

Oppo sebelumnya memang diprediksi akan turut menggunakan Helio P60 sebagai dapur pacu ponsel R15, di samping chip Snapdaragon 660 untuk varian tertentu dari ponsel itu.

Sementara, spesifikasi smartphone E3 besutan Meizu belakangan bocor di internet dan memperlihatkan nama Helio P60 di jantung perangkat. Adapun ponsel bertenaga Helio P60 dari Xiaomi masih belum diketahui.

Meizu E3 disinyalir akan segera meluncur pada 21 Maret, sedangkan Oppo R15 kemungkinan juga bakal hadir dalam waktu berdekatan.

Baca juga: MediaTek Kenalkan Chip Helio P60, Dukung Kecerdasan Buatan

Helio P60 sendiri merupakan chip dengan CPU octa-core yang dibuat dengan proses fabrikasi 12nm FinFET oleh pemanufaktur TSMC. SoC ini memiliki dua cluster yang masing-masing berisi empat inti CPU Cortex-A73 2 GHz berkecepatan tinggi dan empat inti CPU Cortex-A53 2 GHz hemat daya.

Pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali-G72 MP3 dengan frekuensi kerja 800 MHz. Kinerja gaming Helio P60 diklaim 70 persen lebih tinggi dibandingkan chip sebelumnya, Helio P30, yang menggunakan GPU Mali-G71 MP2.

Keunikan lain dari Helio P60 terletak pada penggunaan dedicated processing unit NeuroPilot untuk membantu pengolahan tugas-tugas terkait AI.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (16/3/2018), NeuroPilot diklaim dua kali lebih efisien daya dibandingkan GPU dalam menangani pengolahan AI.

Nantinya NeuroPilot akan membantu ponsel dalam hal-hal seperti pengenalan wajah dan scene pemotretan, serta akselerasi Augmented Reality dan Mixed Reality.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com