Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangkap Momen Pacu Jawi dengan “Mirrorless” Fujifilm X-H1

Kompas.com - 18/03/2018, 13:37 WIB
Garry Andrew Lotulung,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

TANAH DATAR, KOMPAS.com - Sebanyak 25 orang fotografer berkesempatan menjajal performa kamera mirrorless Fujifilm X-H1, untuk memotret atraksi Pacu Jawi di Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (17/3/2018).

Kamera kelas profesional ini terbukti mampu menangkap momen-momen dalam atraksi unik yang identik dengan kecepatan tinggi tersebut.

Kompas.com ikut serta membidik gambar dengan X-H1 yang merupakan mirrorless teranyar Fujifilm untuk mencoba kebolehannya.

Baca juga: Kamera Mirrorless Fujifilm X-H1 Incar Videografer

Soal menjepret adegan yang berlangsung cepat, salah satu fitur unggulan di Fujifilm X-H1 adalah kemampuan menangkap gambar hingga 14 frame per detik.

Seorang joki berusaha mengendalikan sapi (Jawi) saat mengikuti kegiatan olahraga tradisional Pacu Jawi di Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (17/3/2018). Pacu Jawi merupakan permainan olahraga tradisional yang diadakan usai panen padi dan telah menjadi atraksi wisata untuk menarik wisatawan asing dan wisatawan lokal.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Seorang joki berusaha mengendalikan sapi (Jawi) saat mengikuti kegiatan olahraga tradisional Pacu Jawi di Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (17/3/2018). Pacu Jawi merupakan permainan olahraga tradisional yang diadakan usai panen padi dan telah menjadi atraksi wisata untuk menarik wisatawan asing dan wisatawan lokal.

Momen-momen yang berlangsung hanya sekelebat mata dalam atraksi Pacu Jawi pun ditangkap dengan baik oleh kamera ini.  Hal yang sama juga bisa berlaku di pemotretan adegan cepat lain, misalnya dalam event olahraga.

Selain itu, Fujifilm X-H1 mempunyai sistem autofokus dengan 325 titik hybrid (169 titik phase detect) tertanam di sensor.

Jadi, pada saat menentukan titik fokus terhadap objek Pacu Jawi,kita dengan mudah dapat memilih titik fokus sehingga bisa menghasilkan gambar yang beragam dari berbagai sudut.

Satu fitur yang tak kalah penting adalah yaitu IBIS (In-Body Image Stabilization) yang terdapat di Fujifilm X-H1 berfungsi untuk meredam getaran saat pemotretan shutter speed rendah.

Fujifilm X-H1KOMPAS.com/Garry Lotulung Fujifilm X-H1

Stabilisasi gambar ini bisa diterapkan ketika  melakukan pemotretan dengan teknik panning. Saat kompas.com memakai shutter speed 1/30 dan bahkan sampai 1/10 terbukti foto yang dihasilkan tidak shake (goyang).

Hasil jepretan Fujifilm X-H1 selengkapnya dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.

Fujifilm X-H1 akan mulai dipasarkan secara eksklusif lewat pre-order di Blibli.com tanggal 24 dan 25 Maret 2018. Harganya Rp 28 juta untuk versi body-only dan Rp 32,5 juta untuk paket dengan battery grip VPB-XH1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com