Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin Sayembara Berburu "Bug" Berhadiah Rp 3,4 Miliar

Kompas.com - 19/03/2018, 06:48 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft membuka sayembara untuk menemukan bug serupa celah keamanan Meltdown dan Spectre, dengan tawaran hadiah senilai 250.000 dollar AS (sekitar Rp 3,4 miliar).

Sayembara ini merupakan bagian dari program limited-time bug bounty Microsoft, yang dibuat untuk menemukan celah kerentanan yang memanfaatkan speculative execution. Program ini akan berlangsung hingga akhir tahun ini, tepatnya 31 Desember 2018.

"Speculative Execution benar-benar menjadi kerentanan kategori baru, dan kami berharap penelitian ini mulai mengeksplorasi serangan model baru", jelas Microsoft, seperti KompasTekno kutip dari Gadgdet 360, Senin (19/3/2018).

Microsoft membagi empat tingkatan dengan masing-masing fokus. Tingkatan pertama, fokus pada kategori baru serangan yang melibatkan kanal speculative execution.

Tingkatan kedua dan ketiga, fokus pada kemungkinan pengalihan pelacakan yang telah ditambahkan ke Windows dan Azure untuk pertahanan dari serangan yang telah teridentifikasi.

Lalu tingkatan terakhir, fokus pada contoh kasus speculative execution yang mungkin ada.
Meltdown dan Spectre diketahui telah menjangkit prosesor Intel, AMD dan ARM sejak lebih dari dua dekade lalu hingga kini.

Penemuan kedua bug tersebut sempat membuat heboh di awal 2018. Tak lain karena, celah keamanan tersebut mampu membocorkan data yang tersimpan di dalam kernel, program yang menjembatani software dengan perangkat keras (prosesor).

Baca juga: Cek Apakah PC Windows Anda Terjangkit Meltdown dan Spectre

Tak hanya Microsoft, beberapa raksasa teknologi seperti Google dan Apple telah merilis security patch untuk membantu melindungi data pengguna yang berpotensi dicuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com