Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memotret Makanan dengan Ponsel agar "Instagramable"

Kompas.com - 19/03/2018, 10:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto makanan menjadi salah satu konten yang paling sering dibagikan netizen di media sosial. Menurut travel blogger sekaligus selebgram, Putri Anindya (@puanindya), foto makanan bisa tampak lebih menarik dan layak dibagikan di Instagram alias Instagramable, dengan permainan perspektif.

“Kalau food, bisa ambil perspektif. Misalnya makanannya dipegang dari sudut tertentu, atau makanannya difoto ekstrem dari sisi atas,” ia menuturkan, dalam acara “Gadget Story” yang dihelat KompasTekno, Kamis (15/3/2018) minggu lalu.

“Bisa juga fokus ke objek tertentu. Misalnya lagi foto bakso tapi daun bawangnya difokusin,” ia menambahkan.

Putri Anindya mengatakan perspektif harus terus diasah agar terus menemukan yang baru dan unik. Salah satu caranya dengan memperbanyak preferensi dan eksperimen.

Jenis smartphone yang digunakan dalam membidik foto makanan pun sedikit banyak mempengaruhi hasil. Samsung sadar betul akan hal ini, sehingga menyediakan “Food Mode” pada kamera Galaxy S9 dan S9 Plus.

Travel blogger Putri Anindya (kiri) dan fotografer David Soong saat berbagi tips memotret dengan smartphone di acara Gadget Story Galaxy S9 dan S9 Plus di Jakarta, Kamis (15/3/2018).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Travel blogger Putri Anindya (kiri) dan fotografer David Soong saat berbagi tips memotret dengan smartphone di acara Gadget Story Galaxy S9 dan S9 Plus di Jakarta, Kamis (15/3/2018).
Food Mode dibuat khusus di Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus untuk membuat foto makanan terlihat lebih menggiurkan. Untuk mengaksesnya, pengguna cukup membuka aplikasi kamera Galaxy S9 dan S9 Plus.

Lantas, gulir layar ke kiri hingga terpatri opsi “Food”. Bisa pula dengan menggulir antarmuka layar ke bawah dan pilih “Food Mode”.

Warna makanan akan lebih tajam. Pengguna juga bisa mengatur temperatur warna dengan menyentuh pilihan “Palette”. Sesuaikan dengan kontrol slider hingga tercipta temperatur yang pas.

Efek bokeh pun bisa diatur untuk menonjolkan sisi makanan tertentu. Jika sudah apik, pengguna cukup menjepret dengan mengklik tombol bulat putih di layar.

Untuk melihat fitur-fitur apa saja yang menjadi keunggulan Galaxy S9 dan S9 Plus, intip video hands-on KompasTekno berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com