Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gullermo Haro yang Jadi Huruf "O" di Google Doodle

Kompas.com - 21/03/2018, 06:49 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laman Google hari ini, Rabu (21/3/2018) dihiasi oleh penampakan langit malam dengan rasi bintang yang membentuk wajah seorang pria berkacamata dan berkumis. Wajahnya tepat berada di huruf ketiga atau huruf "O" pada tulisan "Google".

Siapakah dia? Dia adalah Gillermo Haro, yang hari ini merayakan ulang tahunnya ke-105. Haro merupakan astronom yang lahir di Meksiko tahun 1913 dan beranjak dewasa saat terjadi revolusi di Meksiko.

Ia mengenyam pendidikan filsafat di National Autonomous University of Mexico. Alih-alih filsafat, Gillermo Haro justru tertarik pada dunia astronomi. Atas ketertarikannya, Gillermo Haro diangkat sebagai asisten di observatorium bernama Observatorio Astrofísico de Tonantzintla pada tahun 1943.

Gillermo Haro pun pernah bekerja di Harvard College Observatory, Amerika Serikat (AS) tahun 1943 hingga 1944. Di bidang astronomi, Gillermo Haro berhasil menemukan "Three Sisters", bagian dari konstelasi rasi bintang Orion, sebagaimana KompasTekno rangkum dari laman Google Doodle, Rabu (21/3/2018).

Gillermo Haro juga berkontribusi dalam penemuan planet nebula yang diberi nama Herbig-Haro. Dirinya pula yang menemukan tiga bintang suar (flare stars), bintang bewarna merah dan biru benderang di wilayah kontelasi Orion.

Penemuan inilah yang kemudian mengantarkannya sebagai orang Meksiko pertama, sekaligus astronom dari negara berkembang pertama yang meraih Royal Astronomical Society pada tahun 1959.

Gillermo Haro mewariskan lembaga riset National Institute Astrophysics, Optics, and Electronics yang didirikannya untuk mendukung mahasiswa sains menuju karir profesional mereka. Lembaga riset ini menjalankan sebuah observatorium yang diberi nama sesuai namanya, Gullermo Haro yang terletak di Sonora, Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com